Oline class= Oline   •   8 bulan lalu

5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus
5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Saat menyalakan mobil dan hendak pergi, Anda melihat lampu indikator check engine pada mobil menyala. Hal ini terus berlangsung hingga Anda mengendarai mobil dan sampai ke tempat tujuan. Jangan biarkan begitu saja, kemungkinan ada sesuatu yang tidak beres pada salah satu komponen mobil Anda. Penyebab lampu indikator mobil menyala terus cukup beragam, ini dia beberapa kemungkinan di antaranya yang perlu Anda waspadai.

Catalytic convertor

Bagi yang belum familiar dengan komponen satu ini, catalytic convertor adalah komponen yang berfungsi mengubah karbon monoksida dan zat-zat berbahaya lainnya menjadi senyawa yang tidak membahayakan.

Selain lampu indikator mobil yang menyala terus, tanda lain yang menunjukkan bahwa catalytic convertor Anda mengalami gangguan adalah konsumsi bahan bakar jadi lebih boros dan laju mobil jadi tidak secepat biasanya ketika Anda menekan pedal gas. Kabar baiknya, kondisi seperti ini bisa dihindari selama Anda melakukan servis secara rutin.

Penutup tangki bahan bakar kurang rapat

Apakah Anda baru saja mengisi bensin? Jika iya, mungkin saja alasan lampu indikator mobil terus menyala adalah karena tangki bahan bakar mobil belum tertutup secara rapat. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi tangki yang terbuka bisa menyebabkan kebocoran bahan bakar. Untuk itu, coba cek tangki bahan bakar, pastikan sudah tertutup rapat. Cek juga apakah terjadi kebocoran.

Sensor oksigen

Sensor oksigen berperan memonitor oksigen yang tidak terbakar pada knalpot. Dari sinilah Anda bisa mengetahui tingkat atau jumlah bahan bakar yang terbakar. Indikator mobil yang menyala terus bisa jadi menandakan bahwa sensor oksigen mobil Anda mengalami gangguan.

Jika terjadi gangguan pada sensor oksigen, maka Anda tidak bisa mendapatkan data yang tepat sehingga menyebabkan penurunan konsumsi bahan bakar. Pada kebanyakan kasus, masalah ini terjadi akibat sensor oksigen yang tertutup oleh oli dari waktu ke waktu. Alhasil, kemampuan sensornya pun jadi tidak semaksimal dulu dalam mengolah bahan bakar dan oksigen.

(Baca juga: Mesin Mobil Diesel Anda “Pincang”? Mungkin Ini Penyebabnya!)

Mass Airflow Sensor

Indikator mobil menyala terus juga bisa disebabkan oleh gangguan pada mass airflow sensor, yaitu komponen mobil untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan  berdasarkan udara yang masuk ke mobil. Umumnya, mass airflow sensor yang rusak disebabkan oleh saringan udara yang tidak pernah diganti atau terpasang kurang tepat. Sebetulnya Anda bisa saja menyetir mobil dengan kondisi mass airflow sensor yang tidak lagi maksimal, tetapi konsumsi bahan bakar akab lebih boros.

Busi mobil yang bermasalah

Apabila Anda merasakan sedikit goncangan ketika mengendarai mobil, jangan membiarkannya begitu saja. Apalagi jika kondisi tersebut dibarengi dengan lampu indikator mobil menyala terus. Kemungkinan hal ini menandakan bahwa busi mobil Anda mengalami masalah. Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah seperti ini, Anda disarankan untuk mengganti busi mobil jika mobil sudah memiliki jarak tempuh 40.000 60.000 km.

Apabila Anda merasa ragu atau tidak percaya diri dengan penyebabnya, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel langganan untuk dilakukan servis. Dengan begitu, Anda bisa kembali mengendarai mobil dengan lebih nyaman dan aman.

Banner Caroline ID WhatsApp

Oline class=

Oline   •   administrator