Carol class= Carol   •   7 bulan lalu

Ingin Menjual Mobil Bekas? Pastikan Paham Cara Menentukan Harga!

membeli mobil bekas
membeli mobil bekas

Saat ingin menjual mobil bekas, Anda tentu berharap cepat menemukan pembeli. Untuk itu, Anda perlu menentukan harga jual yang tepat bagi kendaraan Anda. Pasalnya, calon pembeli pasti akan mencari mobil bekas yang harganya paling terjangkau. Namun, di sisi lain, Anda tentu tak mau melepas mobil bekas dengan harga yang terlalu rendah bukan? Oleh karena itu, ada baiknya Anda memahami cara menentukan harga jual mobil bekas. Beberapa hal ini dapat menjadi panduan bagi Anda untuk menemukan kisaran harga yang win-win solution. Artinya, menguntungkan Anda sebagai penjual serta menguntungkan pula bagi calon pembeli.

Cek Tahun Mobil Sebelum Menjual Mobil Bekas

Sumber: polri.go.id

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tahun keluaran mobil. Cek terlebih dahulu tahun mobil bekas yang hendak Anda jual. Anda dapat melihatnya di buku kepemilikan atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Tahun keluaran mobil akan menentukan besar penurunan harga sehingga berpengaruh pula pada harga penjualan. Pada umumnya, besar penurunan harga makin tahun akan makin kecil. Misalnya, pada tahun pertama setelah tahun keluaran mobil, harga jual kendaraan Anda akan turun sebesar 10 hingga 15 persen. Pada tahun kedua, akan turun sebesar 5 hingga 10 persen. Pada tahun ketiga, akan turun sebesar 5 hingga 8 persen, demikian seterusnya.

Cek Kondisi Mobil

menjual mobil bekas

Untuk menentukan harga jual yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi kendaraan. Kondisi mobil pasti berpengaruh pada harga penjualan. Coba lakukan cek atau inspeksi kendaraan. Jika hasilnya baik, Anda boleh memasang harga jual yang tinggi. Namun, Anda harus tetap realistis jika hasilnya ternyata kurang baik. Solusinya, Anda dapat memperbaiki kondisi mobil terlebih dahulu agar Anda mendapat harga jual yang tinggi.

Cek Harga Pasar/Kompetitor

Jika ragu-ragu atau sama sekali belum punya gambaran tentang kisaran harga jual mobil bekas Anda, cobalah untuk mencari tahu harga pasarnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, cari tahu harga jual mobil bekas yang sama seperti yang hendak Anda jual. Kemudian, Anda juga bisa mengecek harga jual mobil bekas yang merupakan kompetitor atau setipe dengan kendaraan Anda.

Namun, jangan lupa! Harga pasar atau kompetitor hanyalah pedoman untuk mengetahui kisaran harga. Lakukanlah perbandingan kondisi kendaraan untuk menentukan nominal tepatnya. Harga pasar atau kompetitor perlu Anda sesuaikan sendiri dengan kondisi kendaraan Anda. Jika kondisi kendaraan Anda lebih baik, Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Sebaliknya, jika kondisi kendaraan Anda tidak lebih baik, Anda harus berbesar hati untuk memasang harga yang lebih rendah.

Jual Mobil Bekas di Caroline, Tak Perlu Repot Menentukan Harga

Menentukan harga jual mobil bekas memang susah-susah gampang. Namun, tenang saja. Ada solusinya. Jual mobil bekas Anda di Caroline, Anda tidak perlu repot dan bingung menentukan harga jual. Sebagai solusi baru jual beli mobil bekas, Caroline menjamin mobil bekas Anda dapat terjual dengan harga terbaik.

Baca Juga: Inilah Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman

Caroline dapat menjamin dua hal ini karena kelengkapan layanan yang ditawarkan. Sebelum mobil Anda dipasarkan, Caroline akan memberikan layanan inspeksi kendaraan secara cuma-cuma alias gratis! Oleh tim inspeksi yang handal dan profesional, kendaraan Anda akan diperiksa secara menyeluruh. Hasil inspeksi atau penilaian inilah yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan harga jual kendaraan Anda. Tak perlu khawatir, Caroline menjamin transparansi hasil inspeksi dan tetap menentukan harga jualnya berdasar kesepakatan Anda sebagai penjual.

Bukan hanya itu! Caroline juga akan membantu menjual atau memasarkan mobil Anda dengan sistem penawaran harga. Dengan demikian, harga yang ditentukan berdasarkan hasil inspeksi hanyalah harga dasar atau harga awal. Nantinya, setelah masa penawaran harga dibuka, Anda dapat bertemu dengan pembeli yang mau membayar dengan harga lebih tinggi. Mobil bekas Anda pun pasti terjual dengan harga terbaik!

Baca Juga: Jual Mobil Bekas dengan Sistem Penawaran Harga Lebih Untung, Bagaimana Caranya? 

Jika ingin menjual mobil bekas tanpa pusing menentukan harga, Caroline memang solusi tepat. Harga terbaik pasti bisa Anda dapat dengan sistem penawaran harga yang hanya ada di Caroline. Tidak perlu khawatir harga jual mobil bekas Anda malah turun lebih rendah seperti yang terjadi di online marketplace lain. Yuk, mulai pilih Caroline sebagai solusi baru jual beli mobil bekas!

Carol class=

Carol   •   administrator

Carol adalah perempuan dengan minat dan ketertarikan tinggi terhadap dunia otomotif. Di waktu luangnya, Carol senang mengamati dan menghimpun informasi tentang tren-tren mobil terkini.