Oline class= Oline   •   11 bulan lalu

Cara Menghidupkan Mobil yang Aman

Cara Menghidupkan Mobil yang Aman
Cara Menghidupkan Mobil yang Aman

Untuk menjaga kualitas mesin mobil tetap berjalan secara optimal maka ada cara menghidupkan mobil yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Langkah yang tepat tentunya juga akan membantu untuk menjaga keamanan Anda. Sebelum menggunakan mobil dalam memenuhi kebutuhan mobilisasi anda dan keluarga hendaklah mengetahui hal dasar ini.

Menyalakan Mobil Dengan Benar

Baik bagi anda yang pemula atau sudah berpengalaman menggunakan mobil. Tentu harus tetap memperhatikan bagaimana cara untuk menghidupkan mobil yang baik. Dengan langkah yang kurang tepat maupun kebiasaan yang tidak bagus, ditakutkan mempengaruhi mesin mobil. Ini tentunya juga akan membantu anda untuk bisa menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lebih lama. Karena ketika mesin dinyalakan dengan cara yang tepat maka kinerjanya juga bisa tetap optimal.

Berikut beberapa cara menghidupkan mobil dengan benar yang harus anda perhatikan dengan baik yaitu :

  • Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum menyalakan mesin mobil adalah memastikan bahwa gigi mobil dalam keadaan netral. Karenaa saat nanti distarter mobil tidak akan sampai berjalan maju atau mundur yang tentunya membahayakan.
  • Setelah itu perhatikan bagian audio dan AC sebaiknya dalam keadaan mati, sehingga sistem kelistrikannya akan fokus untuk bekerja secara optimal menyalakan mesin mobil. Terutama untuk mobil lama yang accu sudah usang terkadang terjadi gagal distarter karena audio dan AC dalam keadaan menyala.
  • Setelah memasukkan kunci dan memutarnya dalam keadaan on maka jangan lupa menginjak rem sebelum starter mobil. Proses starter ini bisa anda sesuaikan dengan jenis mobil masing-masing yang tentunya berbeda antara manual dan matic.

Mengaplikasikan cara yang tepat saat menyalakan mesin mobil seperti ini akan membantu untuk menjaga kualitas mesin mobil anda, tetapi selain itu bagian kelistrikannya tentu juga akan terjaga secara lebih optimal. Sehingga meskipun anda membeli mobil bekas maka akan tetap bisa digunakan dengan baik untuk jangka penggunaan yang lebih lama.

( Baca Juga: Cara Merawat Mesin Mobil Paling Simple )

Langkah Menyalakan Mobil Setelah Lama Diparkir

Setelah mobil anda dibiarkan terparkir dalam waktu yang lama pastinya merasa bahwa udara di dalamnya pengap atau menimbulkan bau yang aneh. Bahkan berdasarkan penelitian mobil yang lama dibiarkan terparkir apalagi di tempat yang panas maka akan membuat udara di dalamnya terdapat kandungan bensol sekitar 400-800 mg. Maka cara aman yang bisa anda lakukan adalah saat menyalakan mesin mobil jendela harus dalam keadaan terbuka sehingga akan ada aliran udara yang baik.

Anda bisa memilih untuk langsung menyalakan AC atau menunggu terlebih dahulu karena saat awal dinyalakan AC akan mengeluarkan udara panas terlebih dahulu yang akan meningkatkan kadar gas bensol dalam mobil jika jendela tidak dibuka. Sehingga sangat penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa cara menghidupkan mobil tersebut demi keamanan serta kesehatan diri anda sendiri.

Oline class=

Oline   •   administrator