admin class= admin   •   4 bulan lalu

Cara Merawat Pintu Sliding Door Mobil

Merawat pintu sliding door mobil perlu dilakukan dengan rutin. (Foto: Shutterstock)
Merawat pintu sliding door mobil perlu dilakukan dengan rutin. (Foto: Shutterstock)

Beberapa model mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang beredar di Indonesia menggunakan pintu jenis sliding door. Pintu seperti ini memang cukup praktis karena menyediakan akses lebih mudah untuk keluar masuknya barang atau penumpang, serta tidak membutuhkan ruang yang lebar ketika parkir di tempat yang sempit. Biar bebas masalah, penting pagi pemilik untuk mengetahui cara merawat pintu sliding door mobil.

Untuk jenis pintu sliding door ini memiliki sistem yang berbeda-beda setiap mobil. Untuk mobil MPV lama, Anda membutuhkan tenaga yang sedikit kencang untuk menutup pintu agar tertutup rapat. Sedangkan, untuk mobil MPV atau van produksi terbaru sudah menggunakan sistem otomatis. Sehingga, pengguna tidak perlu menggeser pintu terlalu keras, karena menggunakan sensor penggerak.

Penggunaan sliding door ini memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik mobil. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kelebihan lainnya adalah meminimalisir risiko terjatuh atau terjepit pintu. Meski demikian, mobil dengan menggunakan fitur sliding door memiliki trik untuk perawatannya. Sebab, terkadang sliding door terasa macet atau sulit ditutup. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena kotor karena jarang dibersihkan.

>>> Baca juga: Tips Ganti Pelek Mobil, Ketahui Ukuran PCD

Cara merawat pintu mobil sliding door

Seperti yang dilansir dalam blog nissan.com, ada beberapa cara untuk merawat sliding door pada mobil, diantaranya :

1. Hindari area banjir

Selain kotor karena berdebu, hal lain yang menyebabkan sliding door terasa macet adalah karena air. Jangan pernah mencoba untuk menerjang area banjir untuk mobil tipe ini. Sebab, risiko yang akan Anda hadapi adalah konsletnya sensor penggerak pintu. Namun, jika hanya terkena tetesan air masih tidak memiliki dampak yang terlalu besar.

2. Bersihkan rel pintu dan berikan pelumas

Macetnya sliding door kemungkinan besar karena keringnya area rel pintu. Ketika mencuci mobil, ada baiknya membersihkan kotoran yang mengendap di sliding door. Namun, harus berhati-hati ketika menyiram air. Tidak diperkenankan untuk menggunakan volume air yang besar, karena berpotensi terjadinya konslet. Usai membersihkan, keringkan pada bagian rel pintu dan oleskan pelumas agar rel pintu terasa ringan ketika digeser.

3. Gerakkan sliding door

Setelah membersihkan bagian rel pintu dan mengoleskan pelumas, Anda bisa mengerakkan sliding door dengan cara maju dan mundur. Apabila masih terdengar suara yang mengganjal, maka bisa ditambahkan pelumas. Semprotkan ke bagian rel pintu dan bearing untuk menghilangkan kotoran. Tak hanya pelumas, Anda juga membutuhkan gemuk yang mengandung parafin untuk membuat rel pintu tidak macet dan tidak mudah tertempel debu.

Tiga cara tersebut dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang mudah dijangkau. Pernahkah Anda menggunakan cara lainnya dalam melakukan perawatan sliding door mobil Anda? Yuk, share pengalaman Anda di kolom komentar!

Banner Jual Mobil Caroline
admin class=

admin   •   administrator