Randy Hermawan class= Randy Hermawan   •   1 bulan lalu

DETEKSI MOBIL BEKAS BANJIR, INI 5 CARANYA!

Deteksi Mobil Bekas Banjir, Ini 5 Caranya!

Saat membeli mobil bekas, banyak hal yang perlu diperhatikan sepertii pajak, dokumen dan fisik mobil tersebut. Salah satu hal yang menjadi perhaian utama adalah apakah mobil bekas tersebut pernah terkena banji?

Banjir bisa merusak komponen pada mobil. Oleh karena itu, jika membeli mobil bekas banjir maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk service. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apakah mobil incaran Anda bekas banjir atau tidak. Ini 5 cara mendeteksi mobil bekas banjir

  1. Periksa Alat Elektronik

Cek terlebih dahulu pada bagian elektronik karena bagian eletronik mobil rentan rusak bila terkena air. Seperti, lampu, audio speaker, AC, wiper, serta perangkat eletronik lainnya.

2. Cek Endapan Kotoran dan Lumpur Pada Interior

Ciri-ciri selanjutnya adalah endapan pada interior, meski sudah dibersihkan semaksimalkan mungkin ada beberapa tempat yang luput dari jangkauan, seperti bagian lubang kisi-kisi AC, sudut panel, dan kabel di belakang dashboardCek juga jok bawah mobil di bagian besinya. Jika ada tanah yang menempel, besar kemungkinan mobil sudah terendam banjir.

3. Periksa Celah Rem Tangan

Pada rem tangan terdapat sarung yang menutupi gagang dari rem tangan tersebut. Jika material besi di dalamnya (tampak gerigi) terlihat ada tanah kecoklatan bahkan karatan, bisa jadi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir.

4. Periksa Pangkal Pedal

 Anda juga perlu mengecek bagian rem, gas, dan kopling. Jika pada bagian tersebut terlihat sudah karatan juga, maka mobil tersebut sudah pernah kebanjiran.

5. Test Drive

Yang terakhir, jangan lupa untuk menyalakan mesin mobil tersebut. Pastikan kodisi perangkat elektronik pada mobil masih bekerja dengan baik. Lalu perhatikan dengan baik apakah ada suara aneh dari mesin mobil.

Dengan Anda sudah bisa mengetahui mobil bekas banjir, maka setidaknya uang Anda tidak akan terbuang sia-sia. Mobil bekas yang Anda beli bisa digunakan dengan nyaman.

Post Gallery

Randy Hermawan class=

Randy Hermawan   •   author