admin class= admin   •   4 bulan lalu

Fungsi ISOFIX Pada Jok Mobil, Orangtua Wajib Tahu

Fungsi ISOFIX pada jok mobil berguna ketika hendak menggunakan child car seat. (Foto: Shutterstock)
Fungsi ISOFIX pada jok mobil berguna ketika hendak menggunakan child car seat. (Foto: Shutterstock)

Ketika Anda menggunakan mobil, sadarkah dengan keberadaan tulisan ISOFIX di jok bagian tengah? Bagi pengguna mobil awam mungkin masih asing dengan fungsinya. Secara harfiah, ISOFIX merupakan kepanjangan dari International Organization Fix yang dibuat untuk keselamatan penumpang bagian belakang, terutama bagi penumpang anak kecil. Pemilik mobil sudah sepatutnya mengetahui fungsi ISOFIX.

Beberapa masih ada yang menganggap bahwa ISOFIX ini merupakan jenis atau merek jok mobilnya, namun hal ini menjadi salah kaprah. Sebelum terlalu jauh, mari kita bahas mengenai fungsi ISOFIX dan peranan penting bagi mobilitas sehari-hari.

ISOFIX sebenarnya bukan dalam bentuk jok yang dimaksud, melainkan adalah dua ruang kecil yang terdapat di sisi lipatan jok bagian tengah. Fungsinya adalah sebagai penyangga bagian bawah kursi mobil anak kecil (car seat) yang dipasang sebagai fitur tambahan.

Pemilik mobil perlu tahu fungsi ISOFIX

Beberapa pengguna mengatakan bahwa hal tersebut jauh lebih aman, ketimbang memangku atau mendudukan sang buah hati dan memasangkan seat belt. Sayangnya, penggunaan ISOFIX ini belum banyak yang aware terhadap fungsi dan peranan fitur ini bagi keselamatan sang buah hati. 

Beda halnya dengan negara-negara maju yang sudah menerapkan aturan untuk penggunaan ISOFIX ini yang telah ditetapkan sesuai dengan ISO 13216-1 tentang meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan pada penumpang balita. Terhitung sampai dengan tahun 2006 aturan ini digunakan, hingga pada akhirnya ditetapkan untuk sebagai aturan wajib bagi produsen mobil untuk membuat fitur keselamatan ini.

Kursi mobil untuk anak kecil atau dikenal sebagai child car seat ini dijual secara terpisah. Berdasarkan jenisnya, kursi ini dijual sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing pengguna. Adapun beberapa jenis child car seat sesuai dengan tingkat kebutuhannya, yaitu :

  1. Infant car seat, digunakan untuk anak usia 0-1 tahun yang memiliki berat badan hingga 10 kg. Modelnya bisa diputar dan memiliki handling supaya bisa dijinjing.
  2. Toddler car seat, digunakan untuk anak usia 1-4 tahun yang memiliki berat badan 10-20 kg.
  3. Young children car seat, digunakan untuk anak usia 4-8 tahun yang memiliki berat badan lebih dari 20 kg.

Meletakkan child car seat di jok bagian tengah mengurangi angka kematian anak hingga mencapai 75 persen jika terjadi kecelakaan. Karena, child car seat dirancang dengan bentuk posisi di belakang leher, kepala dan tulang belakang yang nyaman dan aman dari benturan atau guncangan.

Fungsi ISOFIX memang tidak dianjurkan untuk posisi jok depan, karena apabila terjadi keadaan darurat yang membuat airbag muncul tiba-tiba, sang buah hati justru akan kesulitan untuk bernafas.

Banner Jual Mobil Caroline

Penulis: Anita Nur Fitriyani

admin class=

admin   •   administrator