Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Hari Kesehatan Nasional, Yuk Bikin Kabin Mobil Lebih Sehat

Menyambut Hari Kesehatan Nasional, tak ada salahnya pemilik kendaraan melakukan sedikit upaya untuk membuat kabinnya lebih sehat. | Foto: Shutterstock
Menyambut Hari Kesehatan Nasional, tak ada salahnya pemilik kendaraan melakukan sedikit upaya untuk membuat kabinnya lebih sehat. | Foto: Shutterstock

Hari ini tepatnya 12 November dirayakan sebagai Hari Kesehatan Nasional. Sebagai pemilik mobil, ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk membuat kabin kendaraan lebih ramah bagi kesehatan tubuh dengan cara yang cukup mudah.

Sudah bukan rahasia bahwa mereka yang tinggal di kota-kota besar menghabiskan waktu cukup lama di dalam mobil. Ambil contoh pengemudi di Jakarta yang rata-rata mengahabiskan waktu total sekitar 31.680 menit atau 22 hari dalam setahun.

Data tersebut merupakan hasil survei Uber yang bekerja sama dengan Boston Constulting Group pada 2017 dikutip dari Marketeers.

Sepanjang waktu tersebut, pastinya tubuh akan mengalami kontak dengan kabin mobil dan benda-benda yang ada di dalamnya. Baik melalui sentuhan atau sebatas menghirup udaranya.

Yang menjadi kekhawatiran ialah kondisi kabin mobil yang tak terjaga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bukan hanya fisik, namun juga mentalnya.

Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa cara sederhana untuk membuat aktivitas mengemudi menjadi rutinitas yang lebih sehat.

Sampah menumpuk di dalam kabin menjadi salah satu sumber gangguan kesehatan kabin mobil. | Foto: Shutterstock
Sampah menumpuk di dalam kabin menjadi salah satu sumber gangguan kesehatan kabin mobil. | Foto: Shutterstock

1. Atur posisi duduk dengan benar

Cara pertama ialah mengatur posisi berkendara yang baik. Sejumlah sumber mengatakan posisi duduk mengemudi yang sehat ialah cenderung tegak, tetapi masih menyisakan ruang bagi tangan untuk leluasa bergerak mengatur putaran kemudi. Lalu, sebisa mungkin posisi kaki juga lurus, tidak terlalu menekuk saat mengemudi.

2. Singkirkan barang yang tidak penting

Poin ini lebih bertujuan menjaga kesehatan mental pengemudi. Dengan menyingkirkan barang-barang yang tak diperlukan, seperti dokumen-dokumen, sampah, pakaian ganti, dan sebagainya membuat kabin mobil lebih rapi. Upaya ini bertujuan menekan kemungkinan munculnya stres ketika berkendara.

3. Rutin membersihkan kabin mobil

Tips selanjutnya ialah menjaga kebersihan kabin mobil. Langkah pembersihan bisa dilakukan berbarengan ketika mencuci mobil. Tak ketinggalan, sediakan pula tempat sampah khusus di dalam mobil dan rutin membuangnya.

4. Mencegah munculnya aroma mengganggu

Langkah awal untuk mengatasinya ialah mencari sumber bau kemudian membersikannya. Jangan sekali-kali membiarkan aroma tak sedap terus bersarang kemudian menggunakan wewangian dengan harapan bisa mengusirnya. Bukannya menjadi solusi, hal itu jutru bisa membuat aroma dalam kabin semakin tak karuan.

Mengingat pentingnya kesehatan tubuh, rasanya sejumlah tips yang telah disebutkan pantas untuk dilakukan. Apalagi dengan dorongan semangat Hari Kesehatan Nasional kali ini.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Editor: Mada Prastya

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.