Randy Hermawan class= Randy Hermawan   •   1 bulan lalu

Merawat Minyak Rem, Ini Caranya!

Memahami tentang komponen pada mobil memanglah penting, karena dapat membantu kita dalam merawat dan memperbaiki komponen tersebut. Salah satu komponen yang penting pada mobil adalah rem.

Kita pasti paham bagaimana rem bekerja. Fungsi rem memang menjadi faktor keselamatan terpenting dalam berkendara. Salah satu yang wajib diperhatikan pada rem adalah mengganti minyak rem sesuai waktunya. Fungsi dari minyak rem adalah untuk melumasi komponen cakram dan kampas, keduanya akan bergesekan untuk menghentikan laju mobil.

Jangan sampai kita sebagai pemilik kendraan tidak teratur dalam mengganti minyak rem, karena itu bisa berakibat fatal. Kinerja rem dengan kondisi minyak rem yang sudah buruk akan membuat rem tidak berfungsi maksimal, parahnya bisa menyebabkan rem tidak berfungsi.

Untuk pergantian minyak rem sendiri sebenarnya sudah ada diseiap buku panduan. Pergantian minyak rem tergantung pada spesifikasi mobil masing-masing. Tapi standarya minyak rem diganti tiap 20.000 Km atau 2 tahun sekali.

Pengunaan minyak rem juga harus sesuai dengan spesifikasi mobil yang digunakan. Karena tidak semua mobil menggunakan spesifikasi minyak rem yang sama. Titik didih minyak rem itu berbeda setiap spesifikasinya. Untuk mobil di Indonesia, mayoritas minyak rem yang digunakan untuk mobil saat ini adalah minyak rem DOT 3 dan DOT 4.

Cukup mudah bukan cara perawatan minyak rem? Walaupun mudah, terkadang kita lalai dalam mengecek minyak rem mobil kita. Kini kita sudah tau pentingnya merawat minyak rem pada mobil. Komponen yang penting ini harus kita rawat ya.

>>> Beli mobil bekas dijamin bebas banjir dan tabrakan hanya di CAROLINE.id

Randy Hermawan class=

Randy Hermawan   •   author