Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   3 bulan lalu

Mobil Dinas Presiden RI yang Baru Tak Dijual Umum

Mobil Dinas Presiden RI (2)
Mobil Dinas Presiden RI (2)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia resmi mengumumkan mobil dinas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang baru, yakni Mercedes-Benz S600 Guard. Selain itu, Toyota Crown 2.5 Hybrid G Executive disebut bakal dijadikan sebagai kendaraan dinas menteri yang dibeli dari PT Astra International Tbk-TSO.

Alasan penggantian kendaraan dinas itu lebih kepada masalah teknis, mengingat sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Eddy Cahyono Sugiarto, Asdep Humas Kemensetneg menjelaskan, kendaraan dinas yang saat ini digunakan sudah cukup tua. Sebab, mayoritas usianya sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Kendaraan keras VVIP Kepresidenan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Untuk kendaraan para Menteri Anggota Kabinet Kerja, Pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden tahun pembuatan 2005 dan 2009.

“Berdasarkan pertimbangan teknis, antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal, karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian,” ujar Eddy.

Untuk mobil dinas Presiden RI, dilakukan dengan cara Sistem Penunjukan Langsung yang jatuh pada Mercedes-Benz S600 Guard dengan jumlah dua unit. Sedangkan mobil menteri, melalui Sistem Tender Umum Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri yang dimenangkan oleh PT Astra International Tbk.

Perusahaan pemenang tender itu diminta menyediakan 101 unit Toyota Crown Hybrid 2.5 untuk kendaraan para menteri anggota kabinet kerja, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden.

Baik Mercedes-Benz S600 Guard dan juga Toyota Crown 2.5 Hybrid G Executive tidak dijual secara umum oleh pabrikan di Indonesia. Namun jika berangkat dari pasar lainnya seperti Jepang, Toyota menjual Crown seperti model pada umumnya. Harga Crown untuk pasar domestik Jepang sekitar Rp 7.187.400 yen atau setara dengan Rp 962 jutaan.

Sementara Mercedes-Bens S600 Guard, sebagai sedan mewah yang memiliki tingkat keamanan tinggi termasuk anti peluru dan granat sudah pasti memiliki banderol yang sangat mahal. Belum lagi, harga itu tidak mengikat mengingat besarannya tergantung modifikasi yang diinginkan.

Sebagai contoh, Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dijual sekitar Rp 12 miliar, sedangkan Mercedes-Maybach S600 Guard mencapai Rp 10 miliar. Anggaran Ganti Mobil Dinas Nominal dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikucurkan untuk pengadaan mobil dinas para menteri, yakni Rp 147 miliar lebih.

Dalam keterangan resmi yang diterima CAROLINE.id, pada Jumat (23/8/2019), alokasi anggaran pengadaan kendaraan itu sebagaimana yang tercantum dalam DIPA 2019 Kemensetneg, telah melalui pembahasan dan mendapatkan persetujuan DPR sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id