Oline class= Oline   •   9 bulan lalu

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati
Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati

Masuk ke mobil, masukkan kunci kontak, dan putar ke arah jarum jam. Tapi, kenapa tidak ada tanda-tanda kehidupan? Bahkan lampu indikator mobil mati semua. Apa yang terjadi? Pernahkah Anda berada dalam kondisi seperti di atas?

Jika hal ini terjadi, sudah tahukah Anda apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir, kami akan mengulasnya lengkap untuk Anda.

Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati

Berbicara mengenai sistem kelistrikan mobil, salah satu masalah yang perlu Anda antisipasi adalah saat lampu indikator mobil mati semua. Biasanya, masalah semacam ini lebih rentan terjadi pada mobil yang sudah berumur karena berkaitan dengan kualitas perangkat kelistrikannya yang mulai menurun.

Tapi lagi-lagi, setiap pengendara mobil perlu tahu persis apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi. Ingat, hal pertama adalah jangan panik dan tetap tenang. Sangatlah wajar jika Anda merasa jengkel terlebih saat sedang diburu waktu. Tapi usahakan agar Anda tetap tenang agar bisa berpikir jernih.

Selain itu, jika Anda perhatikan, setiap kali Anda menyalakan mesin mobil, lampu yang terdapat di instrument cluster akan menyala sebentar dan mati. Sebenarnya, setiap lampu yang bisa dilihat di dekat speedometer ini memiliki arti masing-masing. Sebaiknya Anda membekali diri dengan pengetahuan apa arti dari setiap lampu indikator tersebut.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Mati

Kabar baiknya, cara mengatasi ketika lampu indikator mobil mati semua cukup sederhana. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba:

  • Periksa Kondisi Aki

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka kap mobil untuk memeriksa kondisi aki. Perhatikan apakah ada mur atau baut yang longgar dan justru menjepit kutub aki? Jika iya, maka kencangkan mur atau baut tersebut agar tetap menempel pada kutub aki.

Atau jika Anda melihat kotoran seperti karat atau serbuk putih di kutub aki, coba bersihkan dan pasang kembali. Kotoran yang ada di bagian kutub aki bisa menghambat laju aliran listrik menuju komponen mobil. Anda tidak perlu takut tersetrum,karena aki memiliki arus direct current (DC).

(Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil yang Mudah Dilakukan)

  • Periksa Sekring

Setiap mobil memiliki letak dan penyebutan lampu check engine yang beragam. Ketika lampu mobil mati semua, coba periksa sekring ini untuk mengetahui apakah penyebab lampu indikator mati dikarenakan oleh adanya masalah pada sekring.

Jika bermasalah, coba pinjam Engine Control Unit (ECU) dari mobil lain untuk mengetahui apakah lampu check engine Anda masih bisa menyala.

  • Adakah Kabel yang Terputus?

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ketika lampu indikator mobil mati semua adalah dengan memeriksa keadaan kabel. Mengingat lampu indikator mobil sangat erat kaitannya dengan aspek kelistrikan, keadaan kabel yang kurang baik atau putus akan menganggu aliran listrik. Jika Anda tidak benar-benar memahami seluk beluk kabel dan kelistrikan pada mobil, tak ada salahnya mempercayakannya pada teknisi berpengalaman.

Ada kalanya masalah lampu mobil mati semua ini hanya terjadi sesaat dan saat Anda starter ulang, tidak ada masalah berarti. Apakah artinya tidak ada masalah pada sistem kelistrikan mobil Anda? Belum tentu. Bisa jadi lampu indikator mobil mati adalah sinyal bahwa ada gangguan minor yang perlu Anda perhatikan.

(Baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Paling Simple)

Jadi, sekecil apapun tanda-tanda yang muncul dari mobil Anda, selalu cari tahu dan temukan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah yang terjadi pada lampu indikator pada mobil Anda.

Oline class=

Oline   •   administrator