Oline class= Oline   •   10 bulan lalu

Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah

Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah
Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah

Kenyamanan saat berkendara memang menjadi salah satu hal yang sangat penting diperhatikan saat Anda membeli mobil. Perlu diketahui, terdapat banyak komponen dalam mobil yang saling bekerja sama untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi pengendaranya.

Setiap komponen mobil tersebut akan berjalan sesuai dengan fungsinya, akan tetapi jika ada salah satu komponen dari sistem mobil mengalami kerusakan atau tidak bisa bekerja secara normal, maka hal tersebut dapat mengganggu performa mobil milik Anda, salah satunya seperti mobil bergetar pada kecepatan rendah. Pada dasarnya, mobil yang bergetar pada kecepatan  rendah dapat ditimbulkan oleh berbagai penyebab. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dipaparkan beberapa penyebab mobil bergetar pada kecepatan rendah yang harus Anda ketahui, yaitu:

Velg Yang Penyok Atau Bengkok

Velg yang penyok atau bengkok memang dapat membuat perjalanan Anda menjadi terganggu dan tidak nyaman. Velg penyok atau bengkok umumnya disebabkan karena sering melalui jalanan yang berlubang dengan kecepatan yang tinggi. Sehingga tanpa Anda sadari velg mengalami benturan dan membuatnya menjadi penyok.

Saat velg penyok, maka mobil yang akan Anda kendarai akan menimbulkan getaran pada kecepatan yang rendah. Selain itu, velg yang rusak juga dapat mengganggu keseimbangan mobil. Hal ini dikarenakan kondisi mobil yang selalu mengarah hanya pada satu sisi saja dan tidak seimbang sehingga membuat mobil menjadi bergetar pada kecepatan rendah. Umumnya jika velg mobil depan mengalami kerusakan maka menyebabkan komponen setir terasa seperti bergoyang dan bergetar saat laju mobil di kecepatan yang rendah. Sementara jika velg mobil belakang yang penyok maka akan langsung terasa pada bagian body mobilnya yang agak bergetar.

Ban Memiliki Benjolan

Ban memang dapat menjadi pemicu awal mobil bergetar di kecepatan rendah. Pada dasarnya, jika ban mobil Anda memiliki benjolan maka dapat menyebabkan perjalanan Anda tidak rata karena permukaan ban sudah tidak rata. Untuk itulah, jika ban mobil Anda sudah memiliki benjolan maka segeralah menggantinya dengan yang baru, sebab ban yang ada benjolannya juga dapat mengakibatkan mobil Anda bocor secara mendadak saat dikendarai dalam kecepatan tinggi.

(Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin? Ini Cara Pencegahan dan Solusi Efektifnya!)

Mesin Mengalami Kerusakan

Jika mobil sering dibawa ke bengkel untuk melakukan perawatan atau perbaikan secara berkala, maka Anda bisa lebih mudah menyadari saat mesin mobil mengalami kerusakan. Perlu diketahui, ada banyak sekali permasalahan yang dapat dialami oleh komponen mesin, misalnya supply listrik yang tidak stabil, piston tidak bekerja secara maksimal ataupun lainnya yang membuat mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Performa mobil kurang maksimal juga bisa disebabkan persediaan bahan bakar yang mengalami gangguan ataupun perputaran kipas yang lambat. Untuk itulah, sebaiknya  Anda melakukan pengecekan dengan benar terhadap filter bensin dan lainnya. Hal ini penting diperhatikan agar mobil tidak bergetar saat kecepatan rendah.

Engine Mount Rusak

Penyebab mobil bergetar pada kecepatan rendah selanjutnya adalah karena Engine Mount yang rusak. Engine mount berguna untuk menahan mesin mobil agar bisa selalu berada pada posisi yang tetap. Nah, jika engine mount mobil Anda mengalami kerusakan maka akan menimbulkan getaran pada mesin yang terasa hingga dalam kabin mobil. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui bahwa kondisi ini jarang terjadi, sebab engine mount yang rusak hanya dapat terjadi jika mobil pernah mengalami tabrakan pada bagian depan yang sangat parah.

Oline class=

Oline   •   administrator