olga class= olga   •   4 bulan lalu

Penyebab Mobil Mogok yang Sering Terjadi dan Solusinya

Penyebab Mobil Mogok dan Solusinya
Penyebab Mobil Mogok dan Solusinya

Penyebab mobil mogok bukan hanya perkara kehabisan bahan bakar. Mobil bisa mati mendadak karena beragam hal. Setiap penyebab atau masalah pun bisa muncul karena berbagai faktor. Apapun itu, semuanya jelas mimpi buruk bagi seorang pengemudi.

Untuk mengantisipasi peristiwa yang kerap bikin panik ini, sebaiknya rawatlah kendaraan Anda dengan rutin dan hindari kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kinerja atau performa kendaraan. Pelajari juga artikel berikut untuk menambah pengetahuan Anda tentang penyebab mobil mogok. Dengan demikian, jika mobil tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan dan tidak mau dinyalakan, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

1. Penyebab Mobil Mogok: Masalah Aki atau Alternator

Aki merupakan bagian yang sangat penting, karena berperan sebagai pusat energi yang menentukan nyala atau hidupnya mobil. Tidak heran jika aki adalah bagian yang pertama kali diperiksa oleh orang-orang ketika mobil mereka mendadak mati. Masalah-masalah yang mungkin terjadi pada aki adalah kendornya kabel di terminal plus atau minus serta habisnya masa pakai aki.

Tak jarang, aki yang sudah soak atau tak layak pakai dan terus dipaksakan penggunaannya juga memicu masalah lain yang membuat mobil tidak dapat berjalan normal. Jika mobil Anda mogok karena masalah ini, cobalah untuk memeriksa kondisi kabel di terminal aki lebih dulu. Bila terlihat kendur, kencangkan kabel tersebut dan bersihkan bagian terminalnya sekalian menggunakan kertas amplas. Namun, bila posisi kabel sudah tepat dan mobil masih belum mau dihidupkan, tampaknya Anda harus bersiap mencari aki baru untuk menggantikan aki lama.

Yang perlu Anda perhatikan, aki sebetulnya berkaitan pula dengan alternator. Mobil bisa saja mogok bukan hanya karena masalah aki, melainkan juga karena masalah alternator (seperti putusnya gulungan kawat tembaga, putusnya diode, atau berkaratnya kabel) akibat usia yang sudah tua (lebih dari lima tahun) maupun modifikasi yang cukup membebani kelistrikan (seperti pemasangan lampu dan audio yang berlebih).

Alternator sendiri adalah penyuplai atau penyalur listrik ke aki. Jika alternator sebagai penyuplai listrik ini rusak, aki pasti jadi tak berfungsi sehingga mobil pun enggan menyala. Anda bisa mendeteksi adanya kerusakan pada alternator dengan menempelkan kabel distributor ke bagian body sambil mencoba menghidupkan atau men-starter mobil.

Jika tidak muncul percikan api, alternator berarti benar bermasalah. Untuk mengatasinya, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Bisa jadi aki sebenarnya tak ikut bermasalah atau belum perlu diganti dan mobil Anda hanya perlu diperbaiki alternatornya.

2. Penyebab Mobil Mogok: Mesin Mengalami Overheat

Penyebab mobil mogok umumnya juga bisa berasal dari mesin yang terlalu panas atau overheat. Overheat terjadi akibat jumlah air radiator kurang atau bahkan habis, baik karena kebocoran maupun lupa diisi. Air pada radiator memang berfungsi sebagai pendingin yang berguna untuk menjaga suhu mesin. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatasi masalah mobil mogok akibat overheat dengan menuangkan atau mengisi air ke radiator.

Tunggu sebentar hingga mesin dingin, lalu coba hidupkan mobil kembali. Jika masih ada kendala, bawalah mobil ke bengkel terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat. Siapa tahu ternyata masalahnya ada pada bagian radiator yang lain, seperti selang atau sistem pendingin, sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penggantian komponen.

3. Oli Habis

Selain kekurangan air radiator, kemungkinan penyebab mobil mogok yang lain adalah kekurangan oli. Untuk mengecek indikator oli, caranya cukup mudah. Buka kap bagian depan dan lepaskan batang oli mesin, lalu periksa kadar oli yang masih tersisa. Perhatikan apakah oli yang ada masih cukup baik atau sudah mengering dan perlu ditambah. Selain oli bagian mesin, periksa juga oli bagian gearbox atau transmisi.

Sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox yang tidak memiliki cukup pelumas memang dapat menyebabkan mobil mati mendadak. Segera atasi jika ternyata oli sungguh-sungguh kurang atau habis. Tambahkan oli dengan jenis serta takaran yang ideal, sesuai tipe dan model kendaraan. Anda bisa mengecek informasi lengkapnya di panduan manual kendaraan atau menyerahkan prosesnya pada bengkel terdekat.

4. Kendala Saat Menghidupkan

Kendala saat menghidupkan atau men-starter kendaraan yang menjadi penyebab mobil mogok sebenarnya bisa terjadi karena dua hal. Pertama, saluran bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik. Kedua, kerusakan atau keausan switch starter.

Saluran bahan bakar yang bermasalah membuat bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya, proses pembakaran tidak bisa sempurna dan mesin sulit dihidupkan. Cobalah untuk memastikan kondisi karburator atau injeksi dengan melepaskan selang yang terhubung ke bagian karburator dan memasukkannya ke dalam botol. Jika sudah, starter mobil sambil amati perubahan yang terjadi. Apabila ada bahan bakar yang terlihat masuk ke botol dengan lancar, artinya karburator aman dan masalahnya mungkin ada pada bagian lain.

Di sisi lain, kendala saat menghidupkan mobil juga bisa terjadi karena adanya kerusakan atau keausan switch starter. Switch starter sendiri memang kerap disepelekan karena hanya digunakan saat sedang menyalakan atau mematikan mobil.

Oleh karena itu, meski pada dasarnya termasuk jarang rusak, komponen yang satu ini tetap saja bìsa bermasalah karena faktor usia atau pemakaian yang kurang ramah. Beberapa masalah yang biasanya dialami switch starter adalah muncul kerenggangan pada kabel akibat guncangan saat mengemudi atau keausan logam kontraktor plus minus yang membuat arus listrik tidak terhubung dengan baik. Sebagai langkah penanganan, bawalah mobil ke bengkel agar switch starter dapat diperbaiki atau diganti dengan yang kondisinya lebih baik.

5. Kerusakan Catalytic Converter

Catalytic converter atau konverter katalitik pada mobil merupakan alat yang bertugas mengendalikan emisi buang, yakni dengan mereduksi kadar racun dalam gas polutan. Jika alat ini rusak, residu pada bahan bakar yang terlalu banyak dan tidak tereduksi dapat membuat adaptor bermasalah.

Ujung-ujungnya, knalpot juga jadi terbebani dan pembuangan gas sisa pembakaran jadi tak optimal. Inilah yang menjadi pangkal atau penyebab mobil mogok. Atasi masalah ini dengan memperbaiki atau mengganti konverter katalitik di bengkel supaya mobil dapat dinyalakan dan dijalankan kembali secara normal.

Banner Jual Mobil Caroline
olga class=

olga   •   administrator

Carol adalah perempuan dengan minat dan ketertarikan tinggi terhadap dunia otomotif. Di waktu luangnya, Carol senang mengamati dan menghimpun informasi tentang tren-tren mobil terkini.