Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Toyota Siapkan Fitur Cegah Pengemudi Salah Injak Pedal

Ilustrasi pengemudi salah injak pedal mobil. (Foto Shutterstock)
Ilustrasi pengemudi salah injak pedal mobil. (Foto Shutterstock)

Salah injak pedal merupakan penyebab kecelakaan yang cukup umum. Kasus yang sering terjadi adalah pengemudi keliru menginjak pedal gas, padahal di benaknya ia berniat menginjak pedal rem. Kejadian seperti ini tentunya akan sangat berbahaya. Entah jika terjadi di tempat parkir apalagi jalan raya. Guna mengatasinya, Toyota menyiapkan fitur khusus yang siap dirilis tak lama lagi.

Diberi nama Acceleration Suppression Function, fitur ini akan mencegah kesalahan pengaplikasian pedal yang dilakukan oleh pengemudi. Fitur ini akan diperkenalkan musim panas tahun ini di Jepang sebagai bagian dari peket Toyota Safety Sense. Sifatnya akan menjadi option yang bisa dipilih oleh pemilik mobil baru Toyota.

>>> Baca juga: Toyota GR Yaris 2020 Resmi Meluncur di Tokyo Auto Salon

Jepang menjadi negara pertama yang kebagian fitur ini, sebelumnya nantinya akan diperkenalkan juga di seluruh dunia.

Mengutip laporan Carscoops, cara kerja fitur ini sederhananya ialah mendeteksi pengoperasian setiap pedal. Utamanya ketika ada input yang dinilai tak wajar tanpa disertai adanya obstacle di lintasan. Sistemnya mampu mendeteksi input pedal gas yang datang tiba-tiba. Padahal sejatinya pengemudi berada di situasi yang membutuhkan kehati-hatian tinggi dalam menginjak gas, misalnya saat parkir.

Toyota yakin keberadaan fitur baru ini bisa menekan angka kecelakaan yang disebabkan salah injak pedal. Di mana umumnya insiden semacam ini terjadi di tempat parkir.

Fitur Acceleration Suppression Function akan bekerja berdampingan dengan sistem keselamatan aktif lain pada kendaraan, seperti pre-crash emergency braking, automatic high beam dimming, lane departure warning, lane tracing assistance, road sign recognition, dan dynamic radar cruise control yang semuanya termasuk ke dalam Toyota Safety Sense.

Disebutkan, Toyota berniat membuka teknologinya ini bagi produsen mobil lain yang juga ingin menggunakannya demi menciptakan keselamatan lebih baik di jalan raya. Pada tahun ini Toyota pun disebut akan mengadopsi fitur-fitur keselamatan yang sebelum hanya ada di Lexus, seperti emergency steering assist atau driver emergency stop assist system di mobil-mobil Toyota yang lebih umum.

>>> Temukan mobil Toyota impian Anda sekarang!

Banner Jual Mobil Caroline
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.