Amos Arya class= Amos Arya   •   4 hari lalu

Seluruh Mobil Listrik MINI akan Diproduksi di China

MINI Cooper SE 2020 (Foto: doc. MINI Inggris)
MINI Cooper SE 2020 (Foto: doc. MINI Inggris)

BMW dan Great Wall secara resmi telah menjalin kerjasama dengan menghadirkan pabrik baru, yakni Spotlight Automotive. Pabrik baru ini akan fokus untuk memproduksi mobil listrik bagi kedua brand tersebut di masa depan. Tak terkecuali mobil listrik MINI.

Pabrik hasil kolaborasi ini akan berada di Zhangjiangang, China dengan kapasitas produksi mencapai 160 ribu mobil. Pabrik ini juga dipastikan akan dilengkapi dengan beragam fasilitas baru dan canggih guna meningkatkan kualitas produksi mobil listrik masa depan.

Pabrik baru mobil listrik ini akan mulai dibangun pada 2020 dan diprediksi akan siap beroperasi pada 2022. Total investasi pabrik ini mencapai USD 716 juta atau setara dengan Rp 10 triliun dan diyakni akan menyerap kurang lebih 3.000 tenaga kerja untuk tahap pertama.

Pabrik ini akan memproduksi seluruh model mobil listrik MINI dan Great Wall sebelum didistribusikan ke berbagai negara. Pabrik utama di Oxford, Inggris tetap menjadi yang utama.

>>> Baca juga: BMW M2 Competition “Garang” dengan M Performance Parts

Pabrik di Inggris diklaim akan menjadi ‘the heart and home’ bagi brand MINI, sedangkan Spotlight Automotive akan menawarkan kapasitas lebih dan fleksibilitas. MINI Cooper SE 2020 yang merupakan mobil listrik terbaru masih diproduksi di pabrik utama dan akan mulai dipasarkan di awal tahun depan.

“Kerjasama ini akan memudahkan kami untuk memproduksi mobil listrik MINI dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan pasar otomotif dunia. Ini juga menjadi salah satu langkah penting bagi MINI. Kerjasama dengan Great Wall juga menjadi penanda bahwa pasar China juga sangat penting bagi kami,” tutur Nicolas Peter, member of BMW Board of Management.

Uniknya kerjasama BMW dan Great Wall tidak hanya sampai pada pembuatan pabrik baru saja, melainkan juga mengenai pengembangan mobil listrik. Kedua brand otomotif tersebut juga memastikan akan menghadirkan beragam model kendaraan listrik terbaru di masa depan.

Sebelum bekerjasama dengan Great Wall, BMW juga telah menjalin kerjasama dengan brand China lainnya yaitu Brilliance. Kerjasama tersebut dijalin untuk mengembangkan dan memproduksi baterai listrik iX3 mulai tahun depan.

Banner Jual Mobil Caroline

Sumber: Carscoop

Amos Arya class=

Amos Arya   •   author

Jatuh cinta dengan dunia otomotif sejak 2016 dan ingin mengungkap sisi unik beragam model kendaraan melalui visual serta tulisan. Resmi bergabung dengan tim Creative CAROLINE.id pada September 2019 untuk terus menghasilkan karya-karya otomotif terbaik.