Amos Arya class= Amos Arya   •   4 hari lalu

Sistem Keselamatan Tesla Cybertruck Diragukan Kualitasnya

Tesla Cybertruck
Tesla Cybertruck

Tesla Cybertruck memiliki desain kontrovesional yang dinilai cukup berbahaya bagi penumpang dan pengguna jalan lain. Hal tersebut disampaikan oleh James Goodwin selaku Chief Executive ANCAP setelah melihat produk terbaru Tesla ini.

Bentuk desain tajam dan penggunaan bahan baja dinilai memiliki potensi berbahaya yang cukup besar bagi pengguna jalan lain.

“Jika kita berfikir bagi pengguna jalan lain, kendaraan ini memiliki bagian depan yang sangat tajam dan tidak banyak bagian yang aman terutama bagi para pejalan kaki. Kami telah melakukan dua pengujian tabrak yang melibatkan bagian kepala dan kaki,” tutur James Goodwin.

>>> Baca juga: Tanpa Iklan, Penjualan Tesla Cybertruck Nyaris 150.000 Unit

Pada pengujian tersebut, ANCAP menyimpulkan bahwa kendaraan ini sangat berbahaya karena dinilai tidak mampu melindungi kaki pengemudi dan penumpang. Hal tersebut disimpulkan setelah Tesla Cubertruck melakukan sesi uji tabrak bagian depan.

Goodwin juga mengatakan bahwa rangka dari Cybertruck tidak dapat menyerap benturan dengan baik. Rangka kendaraan listrik terbaru Tesla ini dinilai akan memberikan benturan yang sangat keras kepada penumpang ketika terjadi kecelakaan atau insiden di jalan raya.

“Kami berharap kendaraan ini dapat menyerap beberapa daya benturan karena jika tidak mampu, kendaraan ini akan memberikan dampak yang fatal bagi penumpang dan pengemudi,” tambah James Goodwin.

Tesla sendiri belum memastikan kapan kendaraan barunya ini masuk dalam dapur produksi karena masih banyak bagian yang perlu dikembangkan lagi. Kendaraan baru Tesla yang masih berstatus konsep ini memang belum seutuhnya lengkap karena belum memiliki wiper, lampu sein dan roda yang belum sesuai dengan kondisi pasar.

Sebagai informasi tambahan, Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk menilai kualitas sistem keselamatan dan keamanan kendaraan penumpang di kawasan Australia. Organisasi ini bertugas untuk melakukan beragam pengujian atau tes tabrak terhadap seluruh produk baru sebelum mulai dipasarkan di wilayah tersebut.

Banner Jual Mobil Caroline

Sumber: Carscoops

Amos Arya class=

Amos Arya   •   author

Jatuh cinta dengan dunia otomotif sejak 2016 dan ingin mengungkap sisi unik beragam model kendaraan melalui visual serta tulisan. Resmi bergabung dengan tim Creative CAROLINE.id pada September 2019 untuk terus menghasilkan karya-karya otomotif terbaik.