Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh dengan Nyaman dan Aman

Mengemudi Mobil Jarak Jauh Land Rover
Mengemudi Mobil Jarak Jauh Land Rover

Ada kalanya kita mesti melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil pribadi. Misalnya, ketika hendak mudik ke kampung halaman atau sebatas liburan. Mengemudi mobil jarak jauh tentunya membutuhkan persiapan khusus agar perjalanan lancar tanpa gangguan.

Berbeda dengan perjalanan Anda sehari-hari di dalam kota, perjalanan jarak jauh memiliki sejumlah risiko atau kemungkinan yang bisa saja terjadi. Mulai dari gangguan teknis kendaraan, rasa bosan, hingga faktor eksternal dari medan yang akan dilalui.

Tanpa persiapan yang baik, hal-hal tersebut berpotensi menjadi kendala yang akan merepotkan. Untuk itu kita akan membahas tips mengemudi mobil jarak jauh, meliputi tahap persiapan hingga teknik berkendara yang bisa diterapkan saat Anda berada di balik lingkar kemudi.

Persiapan kendaraan mengemudi mobil jarak jauh

Tak bisa dimungkiri bahwa persiapan kendaraan menjadi faktor utama dalam persiapan menjalani perjalanan jarak jauh. Dalam hal ini ada beberapa poin yang bisa Anda lakukan meliputi:

1. Memeriksa oli mesin

Sebelum memulai perjalanan jarak jauh, sudah semestinya Anda memeriksa kondisi oli mesin. Jika kualitasnya dirasa sudah menurun, disarankan untuk mengganti oli mesin dengan yang baru. Anda juga bisa memperhitungkan total jarak tempuh yang akan dijalani selama perjalanan nanti. Berangkat dari hal tersebut, Anda bisa memperkirakan apakah butuh mengganti oli di tempat tujuan atau tidak.

2. Ban mobil

Tak kalah penting, Anda mesti memastikan ban dalam kondisi sehat sebelum menjalani perjalanan jarak jauh. Cara memeriksanya bisa dengan melihat kondisi visualnya hingga memastikan tekanan angin dalam kondisi ideal (30-34 psi). Anda juga bisa mendapatkan informasinya di buku manual pemilik kendaraan atau pintu mobil. Jangan ketinggalan juga untuk memeriksa kondisi ban cadangan.

3. Sistem pengereman

Selain tarikan mesin yang enak, mobil juga membutuhkan sistem pengereman yang bekerja dengan sempurna. Untuk memastikan keselamatan Anda selama berada di perjalanan nanti, maka pastikan kondisi rem dalam keadaan sehat.

4. Aki

Aki berhubungan dengan starter kendaraan. Untuk menghindari mobil sulit dinyalakan ketika Anda tengah berada dalam perjalanan jarak jauh, maka pastikan kondisi aki sehat. Bersihkan kerak-kerak yang menempel dan pastikan juga level air aki dalam jumlah yang mencukupi.

5. Air Conditioner

Selain perjalanan yang aman, Anda tentunya menginginkan perjalanan yang nyaman. Untuk itu salah satu kuncinya ialah Air Conditioner (AC) mobil bekerja dengan baik. Dengan begitu Anda tetap bisa merasakan suasana kabin yang sejuk selama perjalanan. Namun perlu diingat, pada momen tertentu Anda tetap butuh udara segar dari jendela untuk memberikan sirkulasi pada kabin mobil. Udara alami tersebut pun dipercaya mampu meningkatkan kewaspadaan pengemudi.

(Baca juga: Perbedaan Cara Pasang Busi Mobil yang Baru dan Bekas)

Persiapan Mengemudi Mobil Jarak Jauh

Persiapan fisik pengendara

Bukan hanya kendaraan, namun fisik Anda sebagai seorang pengendara juga mesti berada dalam kondisi prima saat hendak menempuh perjalanan jarak jauh. Tanpa hal tersebut, perjalanan bisa jadi mengalami banyak kendala hingga mengancam keselamatan.

Sejumlah persiapan fisik yang bisa Anda lakukan sebelum mengemudikan mobil jarak jauh meliputi:

1. Tidur malam yang cukup

Sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu kunci stamina tubuh yang prima ialah waktu tidur yang teratur. Saat hendak berkendara jarak jauh, Anda pun sangat disarankan untuk tidur dalam waktu yang cukup malam hari sebelumnya. Kurang tidur bisa berujung masalah serius jika harus berkendara. Menurunnya kewaspadaan karenanya bisa mendatangkan insiden serius di jalan.

2. Hindari konsumsi makan berat berlebih

Makanan berat, apalagi dalam porsi yang berlebihan bisa menimbulkan perasaan tak nyaman bagi tubuh Anda selama dalam perjalanan. Alternatifnya, konsumsi makanan dalam porsi ringan sebelum berangkat menempuh perjalanan jauh. Pastikan juga tubuh terhindar dari dehidrasi.

3. Gunakan pakaian yang nyaman

Tips selanjutnya lebih condong kepada busana yang mesti Anda gunakan ketika berkendara jarak jauh. Gunakan hanya busana yang Anda rasa nyaman untuk dipakai di dalam kabin. Bahan katun yang menyerap keringat bisa menjadi pilihan. Jangan lupakan juga jaket untuk menangkal rasa dingin. Hal penting lainnya yang perlu diingat ialah Anda sangat disarankan untuk menggunakan sepatu saat mengemudi.

Persiapan kebutuhan selama perjalanan

Persiapan lain yang tak kalah penting ialah memastikan kebutuhan-kebutuhan selama perjalanan sudah siap. Hal ini meliputi logistik hingga detail-detail lain, misalnya uang elektronik. Termasuk tiket seandainya Anda mengunjungi sebuah tempat atau melanjutkan perjalanan dengan jenis transportasi lain, contohnya kapal feri.

1. Makanan dan minuman

Mempersiapkan makanan dan minuman untuk perjalanan jauh bisa menghemat dana dan waktu Anda. Keuntungan lainnya ialah makanan yang Anda persiapkan sendiri lebih higienis dibanding jika harus membelinya di sembarang tempat selama perjalanan.

Pertanyaannya, makanan atau minuman seperti apa yang perlu dibawa? Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang bisa Anda pilih. Buah-buahan bisa menyegarkan tubuh secara alami dan menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

2. Pakaian ganti

Untuk perjalanan yang mencapai berhari-hari, Anda perlu membawa pakaian ganti khusus untuk di perjalanan. Anda bisa melakukannya dengan memperhitungkan durasi perjalanan. Berangkat dari hal tersebut Anda bisa memperkirakan berapa banyak jumlah pakaian ganti yang perlu disiapkan.

Sebagai tips tambahan, letakkan pakaian ganti di lokasi yang mudah dijangkau. Sehingga Anda tak perlu membongkar sebagian besar bagasi hanya untuk mengambil, misalnya selembar t-shirt.

3. Uang elektronik dan dokumen penting

Kini uang elektronik sudah menjadi kebutuhan yang sangat besar bagi para pengendara mobil. Alasan utamanya karena sebagian besar transaksi jalan bebas hambatan hanya bisa dilakukan menggunakan uang elektronik.

Maka itu, Anda juga perlu menyiapkannya sebelum berkendara jarak jauh. Untuk hal ini pastikan Anda memiliki saldo yang mencukupi untuk dipakai sepanjang perjalanan. Bersamaan saat Anda mempersiapkan uang elektronik, pastikan juga dokumen-dokumen penting, seperti tiket sudah siap.

(Baca juga: Cara Cuci Mobil Cepat Namun Tetap Bersih dan Kilap)

Mengemudi Mobil Jarak Jauh

Teknik mengemudi mobil jarak jauh

Hal lain yang tak kalah penting dalam menentukan keamanan dan kenyamanan perjalanan jarak jauh ialah kemampuan sang pengemudi. Pengemudi dengan jam terbang tinggi bisa jadi sudah terbiasa melahap rute-rute luar kota.

Namun begitu, bukan berarti mereka yang sehari-hari hanya berkendara di dalam kota tak bisa menjalani perjalanan jarak jauh. Dengan persiapan yang matang, hal tersebut dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Untuk itu, ada beberapa poin yang mesti diperhatikan, meliputi:

1. Mempersiapkan rute yang akan dilalui

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah menentukan rute yang akan dilewati. Berikut dengan rute-rute alternatifnya. Sebagai saran, pilih jalur yang nyaman untuk Anda lalui. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah akrab dengan jalur tersebut atau pernah melewatinya.

2. Selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas

Salah satu kunci keselamatan berkendara ialah patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas. Terlebih lagi jika Anda melintasi rute jalan antar kota yang terkenal memiliki kondisi lalu lintas ramai dan cepat.

3. Sabar dan toleransi dengan pengguna jalan lain

Tips lainnya ketika Anda hendak mengemudi mobil jarak jauh ialah selalu berpikir dengan kepala dingin saat berada di balik lingkar kemudi. Perjalanan yang Anda lalui bisa jadi memakan waktu hingga berjam-jam sehingga menimbulkan kelelahan psikologis tersendiri. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang pengendara untuk selalu sabar dan memiliki toleransi dengan pengguna jalan lain agar perjalanan selamat sampai tujuan.

4. Istirahat setiap dua jam

Sangat disarankan bagi Anda untuk beristirahat setiap dua jam. Tujuannya, tak lain untuk mengembalikan stamina Anda sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur atau mengisi perut guna mengembalikan energi.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.