Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Cara Cuci Mobil Cepat Namun Tetap Bersih dan Kilap

Cara Cuci Mobil Cepat
Cara Cuci Mobil Cepat

Cara cuci mobil cepat namun tetap membuat penampilannya bersih dan mengkilap sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Jika rutin diaplikasikan, bukan tak mungkin mobil memiliki penampilan selalu seperti baru.

Ketika memiliki kendaraan, maka sudah menjadi kewajiban sang pemilik untuk selalu menjaga kebersihannya. Ada anggapan yang bilang bahwa kebersihan sebuah mobil menggambarkan kepribadian pemiliknya.

Namun terlepas dari hal tersebut, masih ada manfaat lain dari mencuci mobil yang Anda juga perlu tahu.

Alasan pertama ialah untuk menjaga kondisi cat kendaraan. Tak banyak yang mengetahui bahwa cat mobil memiliki semacam pori-pori di permukaannya. Jika mobil jarang dicuci, semakin lama pori-pori tersebut akan tertutup oleh kotoran sehingga makin sulit dibersihkan.

Hal inilah yang sebenarnya membuat cat mobil terlihat kusam. Dengan rutin mencuci mobil itu artinya kita juga melakukan langkah pencegahan agar body mobil terhindar dari bercak-bercak membandel, jamur, hingga karat. Baik yang bersarang di body ataupun kaca mobil.

Dalam hal mencuci kendaraan, Anda memiliki dua alternatif. Anda bisa membawanya ke salon mobil atau melakukannya seorang diri.

Mencuci mobil seorang diri pun sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Peralatan yang dibutuhkan juga relatif sederhana. Jika Anda memiliki sumber air yang mengalir di tempat tinggal, itu artinya Anda bisa mencuci mobil sendiri.

Manfaat lain dengan mencuci mobil sendiri ialah menekan pengeluaran untuk perawatan mobil. Tarif cuci mobil di daerah di kota besar, seperti Jakarta berkisar dari Rp50.000 hingga Rp150.00. Tergantung jenis layanan yang diambil. Jika dalam satu bulan Anda mencuci mobil sampai empat kali, berarti jumlah dana yang bisa dihemat akan cukup besar.

Manfaat lain mencuci mobil sendiri ialah menjadi kesempatan Anda untuk melakukan inspeksi kendaraan. Ketika membersihkan body atau interior mobil, maka Anda bisa sekaligus memeriksa kondisi kendaraan.

(Baca juga: Cara Mengganti Ban Mobil Bagi Pemula, Lengkap dan Mudah)

Jika Anda akhirnya memutuskan untuk mencuci mobil sendiri, syaratnya Anda harus tahu cara yang benar dalam melakukannya.

Cara Cuci Mobil Cepat

Cara cuci mobil cepat, siapkan peralatan terlebih dahulu

Mencuci mobil tak bisa dilakukan sembarang karena risikonya body mobil bisa mengalami gangguan. Masalah yang paling umum ialah body mengalami baret hingga muncul bercak-bercak mengganggu pada eksterior kendaraan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka Anda perlu melakukan cara mencuci mobil yang cepat. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Adapun, peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil, meliputi:

  • Lap plas chamois
  • Sabun khusus cuci mobil
  • Lap microfiber
  • Ember
  • Sikat kecil
  • Selang

Selain peralatan umum yang telah disebutkan di atas, akan lebih baik jika Anda memiliki saluran air mengalir. Menggunakan air yang mengalir menjadi salah satu kunci agar proses cuci mobil bisa dikerjakan lebih cepat.

Cara cuci mobil cepat tetap bersih

Untuk langkah-langkah dalam mencuci mobil dengan hasil yang bersih dan mengkilap antara lain sebagai berikut:

1. Basahi body mobil dengan air bersih

Mengawali aktivitas mencuci mobil, Anda perlu membasahi seluruh body mobil sebelum mulai melakukan permbersihan. Tujuannya tak lain untuk melarutkan kotoran, berupa debu, tanah, atau minyak yang menempel pada body mobil.

Ada tips penting yang perlu Anda ketahui jika melakukan tahap ini dengan air bertekanan tinggi. Hindari menyempot body mobil secara frontal. Alternatifnya, lakukan dengan cara menyamping.

Menyemprot body mobil dengan air bertekanan tinggi secara frontal dipercaya memiliki risiko bikin body mobil penyok. Selain itu, body mobil juga bisa mengalami lecet karena gesekan keras antara air dan kotoran-kotoran yang menempel di permukaannya.

2. Bersihkan body mobil dengan sabun

Setelah Anda selesai membasuh body mobil dengan air bersih, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah membersihkan body mobil dengan sabun yang telah disiapkan.

Sebisa mungkin gunakan sabun khusus cuci mobil yang sudah terbukti aman dan ampuh melunturkan kotoran-kotoran di body mobil. Sebisa mungkin hindari bahan pembersih yang tidak diperuntukkan bagi eksterior kendaraan. Karena bisa jadi hasilnya tak akan maksimal atau bahkan berisiko menimbulkan gangguan pada body mobil.

Cara paling efektif untuk membersihkan body mobil ialah melakukannya mulai dari bagian atas, lalu lanjut ke bagian bawah. Cara ini akan lebih cepat untuk melunturkan kotoran-kotoran yang menempel di body mobil.

3. Jangan lupa cuci ban dan detail lainnya

Salah satu penopang tampilan mobil agar terlihat apik ialah kondisi ban dan peleknya. Untuk itu jangan lupa untuk ikut membersihkan bagian ini ketika mencuci mobil.

Anda bisa melakukanya dengan membersihkan dinding ban menggunakan sikat dan sabun. Setelah bersih lanjut ke peleknya. Namun sekarang Anda cukup menggunakan lap agar tidak “melukai” pelek. Bersihkan mulai dari bagian depan hingga sela-selanya agar tampilan secara keseluruhan terlihat bersih.

Banyak pemilik mobil menyemir dinding ban mobilnya dengan harapan mendapat kesan wet look. Hal tersebut ada benarnya, namun banyak pihak yang tak menyarankannya karena berpotensi membuat dinding ban lebih cepat mengalami getas atau keras.

Detail-detail mobil lainnya yang juga mesti Anda perhatikan ketika mencuci mobil ialah wiper, spion, antena, grill, lampu-lampu, dan handle pintu.

4. Bilas dan keringkan body mobil dengan benar

Setelah mobil bersih, selanjutnya Anda perlu membilasnya. Perlu diingat, hanya lakukan proses ini dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jika tidak maka body mobil yang sudah bersih akan menjadi sia-sia.

Bilas mulai dari bagian atas body mobil, kemudian kaca, hingga ban dan detail-detail yang ada pada eksterior kendaraan. Selesaikan proses pembilasan dengan mengeringkan body mobil menggunakan lap plas chamois yang sudah siapkan.

Ada baiknya Anda menggunakan lap yang berbeda dengan yang dipakai untuk membersihkan body mobil pada tahap selanjutnya. Tips tambahan untuk mengeringkan body mobil dengan cepat, lakukan di tempat yang cukup terbuka.

Proses pengeringan sangat penting ketika kita selesai mencuci mobil. Jika tak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan body mobil mengalami watermark yang mengganggu kondisi eksteriornya.

Cara Cuci Mobil Cepat Kinclong

Cara membersihkan interior mobil

Penampilan eksterior mobil yang mengkilap memang bisa membuat mobil terlihat lebih apik. Namun begitu, jangan lupakan juga eksterior mobil. Karena sebagian besar waktu Anda ketika memiliki mobil justru dihabisakan di dalamnya.

Maka tak ada salahnya Anda turut membersihkan bagian interior ketika mencuci mobil. Namun yang perlu diingat, Anda tak perlu membilas interior dengan air atau bahkan sabun.

Melainkan, Anda bisa melakukannya dengan membersihkan debu atau kotoran yang ada di sela-sela dasbor, jok, kompartemen penyimpanan, atau cup holder. Cara mudah untuk melakukannya ialah dengan menggunakan vacum. Meski Anda juga bisa melakukan dengan menggunakan kuas atau kain lap.

Dari dalam mobil, Anda juga bisa membersihkan kaca-kaca, pelapis pintu mobil, hingga bagasi. Jika semua proses tersebut dilakukan dengan rutin dan benar maka bukan tak mungkin mobil akan selalu tampil seperti baru.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.