Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Listrik Jakarta Belum Stabil, Waspadai Jalanan Gelap

Begini Cara Mengganti Bohlam Lampu Depan Mobil
Begini Cara Mengganti Bohlam Lampu Depan Mobil

Listrik Jakarta belum stabil sepenuhnya. Pengendara mobil dianjurkan lebih waspada ketika berkendara, terutama pada malam hari.

Hingga hari Senin (5/8) listrik di sejumlah daerah di DKI Jakarta terpantau masih mengalami gangguan. Seperti halnya yang terjadi di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Sampai artikel ini selesai ditulis pukul 13.35 WIB, perkantoran di daerah ini masih mengalami listrik padam.

Semua pihak tentu berharap listrik kembali normal secepatnya. Namun, jika gangguan masih terjadi hingga malam hari, artinya pengendara mobil juga mesti ekstra waspada.

Karena bisa saja sistem penerangan jalan ikut terganggu.

Sebagian dari sistem penerangan jalan raya memang sudah ditopang tenaga surya. Tetapi, untuk di jalan-jalan kecil, tak jarang masih memanfaatkan listrik biasa.

Menyikap hal tersebut, ada baiknya pengendara mobil memerhatikan sejumlah tips aman berkendara di kondisi jalan yang minim penerangan sebagaimana berikut ini.

1/ Pastikan lampu kendaraan berfungsi

Sebelum memulai perjalanan, pastikan semua lampu mobil berfungsi normal. Terutama lampu depan yang berfungsi sebagai penerangan utama kendaraan.

Tak kalah penting, lampu rem dan lampu sein juga harus bekerja sebagaimana mestinya karena memastikan pengguna jalan lain melihat keberadaan mobil Anda.

2/ Jaga kecepatan

Jika Anda harus mengemudi pada kondisi jalan minim penerangan, usahakan untuk tidak mengemudi terlalu kencang. Dengan kata lain patuhi batas kecepatan tertinggi pada setiap jenis jalan. Hal ini dikarenakan visibilitas Anda ketika berkendara mungkin saja berkurang di kondisi jalan gelap tanpa Anda sadari.

3/ Pilih jalur yang sudah akrab

Tips selanjutnya ialah memilih jalur yang sudah Anda sering lalui. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Anda akan lebih paham “rintangan-rintangan” di jalan tersebut.

Misalnya, lubang atau proyek perbaikan jalan yang sedang berlangsung. Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi lebih dini akan hal-hal tersebut.

4/ Jaga jarak aman berkendara

Untuk menekan risiko minimnya penerangan di jalan raya, usahakan selalu menjaga jarak aman berkendara dengan mobil yang berada di depan. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi seandainya mobil di depan Anda melakukan pengereman mendadak karena sebab yang beragam.

5/ Pastikan bahan bakar cukup

Listrik Jakarta belum stabil menyebabkan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar menghentikan operasinya sementara. Agar tak repot di perjalanan, pastikan jumlah bahan bakar di tangki cukup untuk persediaan Anda melakukan perjalanan.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.