Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   4 bulan lalu

Tangguhnya Suzuki XL6, Model Terbaru Ertiga Rival BR-V

Suzuki XL6 (3)
Suzuki XL6 (3)

Suzuki XL6 akhirnya resmi meluncur di Negeri Hindustan, India. Varian tertinggi dari Ertiga itu tampil lebih sporty dengan memiliki segmen yang berbeda jika dibandingkan dengan Ertiga versi MPV. Model ini bakal menjadi rival kuat dari Honda BR-V.

Mobil yang menyandang nama Maruti XL6 di India itu, memiliki desain selayaknya SUV (Sport Utility Vehicle). Pihak produsen mengklaim bahwa produk ini merupakan MPV premium pertama yang pernah mereka hadirkan, seperti yang dilaporkan Indianautosblog.

Bila dibandingkan dengan Ertiga versi sebelumnya, XL6 tampil dengan desain yang lebih gagah, khususnya pada bagian depan. Hal itu tertuang melalui lekukan bagian bonnet yang lebih tegas dan berotot, serta diposisikan lebih tinggi dari Ertiga standar.

Suzuki XL6 (1)

Lampu utama tampil dengan dimensi sedikit lebih besar, serta teknologi quad-LED, yang mengapit gril besar berbentuk trapesium yang memberikan akses aliran udara lebih banyak. Masih dari facia depan, tampilan ala SUV ditunjukkan dengan panel hitam di sekitar fog lamp dan skid plate di bagian bawah bumper.

Untuk mempertegas tampilannya, body cladding hitam menghiasi sisi eksterior mobil ini yang meliputi over fender, side skirt, hingga ke bumper belakang yang juga dilengkapi skid plate. Sementara pelek tampil dengan warna gelap yang tampaknya masih sama seperti milik Ertiga.

Melihat ke dalam kabin, sisi ini yang dirasa masih sama dengan Ertiga model lawas, namun dengan dominasi trim berwarna hitam pada dasbor dan joknya. Kemudian, untuk XL6 juga hadir dengan konfigurasi kursi 2+2+2, karena jok baris kedua mengadopsi captain seat.

Suzuki XL6 (2)

Maruti XL6 mengadopsi fitur hiburan berupa layar sentuh SmartPlay lansiran Suzuki yang sudah mendukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto. Suzuki mempertahankan mesin 1.5 liter dari Ertiga yang memiliki tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm, berikut opsi transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Khusus untuk pasar India, mobil ini dipasarkan dengan rentang harga mulai 9,79 Lakh atau setara dengan Rp195 jutaan hingga 11,46 Lakh atau sekira Rp228 jutaan.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id