Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 minggu lalu

Toyota GR Yaris 2020 Resmi Meluncur di Tokyo Auto Salon

Toyota GR Yaris 2020 (Foto: Autoevolution)
Toyota GR Yaris 2020 (Foto: Autoevolution)

Pameran Tokyo Auto Salon 2020 menjadi saksi hadirnya Toyota GR Yaris 2020 secara resmi ke hadapan publik. Kehadirannya cukup spesial karena mobil ini menjadi model homologasi resmi untuk ajang World Rally Championship setelah Celica GT Four tahun 1999 lalu.

Jika dilihat dari namanya, sudah jelas mobil ini dikembanglkan oleh Gazoo Racing yang merupakan divisi motorsport Toyota. Menariknya lagi, ikut terlibat Tommi Makinen Racing yang juga merupakan nama besar di dunia balap.

Toyota GR Yaris 2020 hadir dengan menggunakan platform baru. Termasuk juga untuk mesin, suspensi, hingga sistem penggerak all-wheel drive yang digunakannya. Model kedua GR Toyota setelah Supra ini mendapat semua teknologi terbaik yang dimiliki pabrikan.

>>> Baca juga: New Toyota Yaris GR Akan Puaskan Nafsu Para Pecinta Rally

Sebagi jantung pacunya, hatchback kencang ini menggunakan mesin 1.600 cc turbo dengan dilengkapi sistem transmisi manual enam kecepatan. Mesin tersebut boleh jadi hanya memiliki tiga silinder, namun tenaga yang dihasilkannya bisa mencapai 261 tenaga kuda dan torsi tertinggi 360 Nm.

Toyota GR Yaris 2020

Di atas kertas angka-angka tersebut sangat mengesankan sebagai ukuran performa. Apalagi untuk mobil yang punya bobot hanya sekitar 1.280 kg. Dengan kemampuannya tersebut Yaris ini mampu melesat dari kondisi diam hingga 100 km per jam hanya dalam 5,5 detik. Sedangkan, kecepatan tertingginya mencapai 230 km per jam.

Tenaga dari mesin disalurkan ke sistem gerak all-wheel drive GT-Four. Sistem gerak roda tersebut akan tersambung ke dua Torsen limited-slip differentials ketika mobil dilengkapi dengan opsional Circuit Pack. Dengan begitu pengemudi bisa memilih mode berkendara normal atau track tergantung kondisi jalan atau sensasi berkendara yang ingin dirasakan.

Toyota GR Yaris 2020 bakal diproduksi di Motomachi, Jepang dan mulai tersedia di pasaran pertengahan tahun ini.

Banner Jual Mobil Caroline
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.