admin class= admin   •   5 bulan lalu

3 Penyebab Mobil Mogok di Jalan Tiba-tiba

Penyebab mobil mogok bisa beragam. Foto: Unsplash
Penyebab mobil mogok bisa beragam. Foto: Unsplash

Pernahkah mobil Anda mengalami mogok di tengah jalan secara tiba-tiba? Mungkin Anda merasa tidak ada masalah dengan mobil Anda, bahkan isi tangki BBM mobil Anda masih terisi. Namun, bagaimana hal itu bisa terjadi? Seperti yang dilansir dalam Tatotech.com menyebutkan bahwa ada beberapa hal seringkali dialami saat mobil mogok tiba-tiba, antara lain; filter bahan bakar tersumbat, kegagalan sensor distributor, serta kegagalan alternator (dynamo ampere). Info lebih lengkap mengenai penyebab mobil mogok, simak informasinya di bawah ini.

1. Filter bahan bakar tersumbat

Filter bahan bakar yang tersumbat menjadi salah satu penyebab mobil mogok secara tiba-tiba. Pada dasarnya, mobil yang digunakan membutuhkan bahan bakar untuk membuat mesin mobil bekerja. Seiring dengan berjalannya waktu, filter bahan bakar pada mobil dapat mengalami penyumbatan ketika tangki gas terkontaminasi, terutama saat menambahkan bensin. Penyumbatan ini mengakibatkan tersendatnya aliran bensin ke dalam tangki mobil. Maka, gas yang keluar begitu kurang. Hal ini yang membuat mesin mobil Anda tidak bekerja dengan baik, sehingga mobil mogok secara tiba-tiba.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda perlu mengganti filter bahan bakar dan memasangnya ke mobil. Umumnya, letak filter bahan bakar berdekatan dengan blok mesin mobil.

>>> Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

2. Kerusakan sensor distributor

Selain filter bahan bakar, ada bagian lain yang berpotensi yang menyebabkan mobil Anda berhenti secara tiba-tiba, yaitu sensor yang letaknya berada di dalam distributor. Sensor tersebut mengatur aliran listrik yang mengalir ke busi mobil. Ketika sensor distributor gagal, maka akan menyebabkan gangguan aliran listrik pada kemampuan menjalankan mesin mobil. Tak heran jika gangguan ini akan mengakibatkan mobil Anda tiba-tiba mogok di tengah jalan. 

Apakah susah untuk memperbaiki sensor distributor yang rusak?

Informasi dan pengalaman dari beberapa pengguna, sensor distributor mudah untuk diperbaiki, letaknya pun berada di bawah tutup distributor kendaraan. Sehingga, tidak sulit untuk melakukan bongkar pasang. Apabila Anda harus menggantinya, tidak perlu khawatir. Karena, sensor distributor bisa didapatkan di toko onderdil otomotif atau Anda juga dapat menggantinya dengan bantuan mekanik.

3. Kerusakan Alternator (Dinamo Ampere)

Alternator atau dikenal dengan dinamo ampere dikatakan sebagai sumber energi pada kendaraan, karena fungsinya memasok energi listrik pada aki mobil. Energi yang dialirkan digunakan sebagai pemenuh kebutuhan tenaga listrik pada mobil, sehingga mesin mobil hidup dan bisa dijalankan. 

Melihat fungsinya yang begitu penting, maka jika terjadi kerusakan tak heran berakibat fatal hingga mesin mati tak mengenal tempat. Meski demikian, seharusnya Anda bisa menyadari bahwa dinamo ampere pada mobil mengalami tanda-tanda kerusakan, seperti :

  • Mencium aroma karet kebakar
  • Terdengar suara decitan pada mesin
  • Lampu sorot mulai meredup, karena energi listrik mulai melemah. Jika hal ini terjadi, segera cek dinamo mobil Anda.
  • Lampu indikator mobil dengan simbol baterai aki pada dashboard mulai menyala. 
  • Aki mobil mulai rusak. Jika hal ini terjadi, biasanya dilakukan pengisian daya ulang pada aki. Bahkan, tak jarang yang melakukan hingga mengganti dengan aki baru.

Bagaimana untuk mengatasi kerusakan pada alternator mobil? Apakah susah untuk mengembalikan fungsi aki?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengganti alternator yang baru yang bisa didapatkan di toko otomotif terdekat. Alternator memiliki tegangan listrik yang lebih besar daripada aki sifatnya tidak mudah diperbaiki untuk mendapatkan cara kerja mesin secara optimal.

Ketiga masalah tersebut merupakan masalah penyebab utama matinya mesin mobil secara tiba-tiba. Adakah Caroliners yang pernah mengalami kejadian serupa atau penyebab lain yang dihadapi saat mobil mengalami mogok secara tiba-tiba?

Banner Jual Mobil Caroline

Penulis: Anita Nur Fitriany

admin class=

admin   •   administrator