Mada Prastya class= Mada Prastya   •   6 bulan lalu

5 Penyebab Mesin Mobil Mati Tiba-tiba di Jalan

Penyebab mesin mobil mati tiba-tiba bisa beragam, lho. (Foto: Autoslash)
Penyebab mesin mobil mati tiba-tiba bisa beragam, lho. (Foto: Autoslash)

Penyebab mesin mobil mati tiba-tiba bisa beragam. Kejadian seperti ini tentunya akan mengganggu perjalanan. Namun Anda tak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas satu per satu masalah yang mungkin jadi penyebabnya. Sehingga ke depannya Anda bisa melakukan persiapan atau antisipasi. 

Penyebab mesin mobil tiba-tiba mati

1. Kehabisan bensin

Hal pertama yang mesti diperiksa ketika mesin mobil mati secara tiba-tiba adalah kondisi bahan bakar yang ada di tangki. Jangan sampai perjalanan Anda terganggu hanya karena kehabisan bensin. Kejadian seperti ini bisa menimpa siapa saja yang lalai memerhatikan kapasitas bahan bakar sebelum melakukan perjalanan.

2. Alternator rusak

Alternator memiliki fungsi memasok listrik ke dalam aki. Ketika fungsinya terganggu maka listrik di dalam aki lama-lama akan habis dan akhirnya mesin mati walau Anda sedang mengendarainya. Biasanya masalah seperti ini terjadi saat mobil dalam kondisi idle atau langsam.

3. Masalah pada sensor

Mobil-mobil modern saat ini menggunakan teknologi yang mengharuskan produsen menaruh banyak sensor. Seperti barang elektronik pada umumnya, sensor juga bisa mengalami gangguan. Ketika informasi yang ditransmisikannya keliru bisa saja membuat mesin mobil mati.

4. Fuel pump tersumbat

Alasan lain mobil mogok adalah gangguan pada fuel pump. Ketika komponen ini mengalami mampet atau tersumbat dapat dipastikan mesin tidak mendapat pasokan bahan bakar sebagaimana mestinya. Untuk itu disarankan melakukan perawatan secara rutin terutama ketika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh.

5. Ignition switch bermasalah

Masalah pada ignition switch juga bisa menjadi penyebab mobil mogok. Jika hal ini kejadian biasanya mesin akan kehilangan tenaga hingga akhirnya mati total. Penyebabnya bisa getaran yang kencang atau guncangan keras setelah menghantam polisi tidur atau lubang di jalan

Mobil mogok tiba-tiba

Langkah yang harus dilakukan saat mobil mogok

Tak perlu panik ketika Anda mengalami mesin mobil mati tiba-tiba dalam perjalanan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Selebihnya, untuk merespons situasi yang ada Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut.

1. Menempi dan cari tempat aman
2. Pasang segitiga pengaman
3. Coba nyalakan mesin kembali
4. Menghubungi bantuan

Perawatan mobil

Cara mencegah mesin mobil tiba-tiba mati

Untuk menghindari kejadian seperti ini caranya hanya satu, yaitu melakukan perawatan kendaraan secara rutin. Mulai dari pemeriksaan komponen-komponen vital hingga ganti oli mesin teratur. Untuk penanganan profesional memang sebaiknya memilih bengkel resmi. Namun bukan berarti harap Anda tak boleh menggunakan jasa bengkel umum. Carilah rekomendasi bengkel umum sebanyak-banyak untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

>>> Capek mobil mogok terus? Langsung cari yang baru di CAROLINE.id

Innova 2.4 G 2018 AT
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.