Oline class= Oline   •   10 bulan lalu

5 Tips Membeli Mobil Bekas Harga 60 Jutaan Terbaik

5 Tips Membeli Mobil Bekas Harga 60 Jutaan Terbaik
5 Tips Membeli Mobil Bekas Harga 60 Jutaan Terbaik

Mobil bekas harga 60 jutaan terbaik tetap masih menjadi idola di tengah masyarakat. Bukan hanya karena harganya yang lebih terjangkau, namun tidak jarang juga disertai dengan kualitas mobil yang masih bagus. Namun, untuk membeli mobil bekas berkualitas seperti ini pastinya tidak bisa dilakukan sembarangan. Lakukan beberapa tips berikut ini agar Anda tidak kecewa di kemudian hari.

1. Pilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tempat di mana Anda membeli mobil tersebut. Jangan mudah tergiur dengan semua penawaran yang banyak diberikan oleh penjual mobil bekas. Akan lebih aman jika Anda membeli dari penjualnya secara langsung, tanpa perantara. Sebab, selain harganya masih harga asli dari penjual tanpa adanya tambahan harga seperti jika melalui perantara, Anda juga bisa lebih bebas dalam melihat berbagai komponen yang ada di dalamnya, termasuk mencoba mengendarai mobilnya. Kelebihannya lagi, jika sang penjual sudah Anda kenal baik, negosiasi harga lebih mudah untuk Anda lakukan.

2. Periksa Eksterior Mobil

Bagaimanapun juga, penampilan tetap harus Anda perhatikan. Meskipun bekas, pilihlah mobil yang mempunyai eksterior yang masih bagus. Periksa dengan saksama pada bagian yang paling pertama dilihat, yaitu body. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Adakah goresan atau kerusakan pada body?
  • Apakah body nya masih mulus atau sudah kasar?
  • Adakah bagian kaca yang tergores, retak, atau bahkan pecah?
  • Adakah bagian lampu yang pecah atau bisakah menyala dengan baik?
  • Apakah keempat ban-nya masih oke atau sudah aus?
  • Apakah ada karat atau keropos pada bagian kolong mobil?

(Baca Juga : Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas)

3. Periksa Performa Mesin Mobil

Mobil bekas harga 60 jutaan terbaik identik dengan mobil jadul, sehingga performa mesin menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui performa mobil:

  • Nyalakan mesin dan dengarkan bunyinya, apakah halus atau sudah kasar?
  • Apakah mobil mudah distarter?
  • Cobalah untuk oper gigi pada saat test drive untuk mengetahui apakah oper gigi ini berjalan lancar atau tidak.
  • Rasakan dengan saksama apakah laju mobil terasa berat atau cenderung belok kiri/kanan?
  • Cobalah lewati jalan yang tidak rata untuk merasakan kondisi kaki-kaki mobil.

4. Periksa Interior dan Aksesoris Mobil

Beberapa bagian interior dan aksesoris mobil yang perlu Anda amati adalah bagian dashboard, setel AC, karpet, jok, dan langit-langit mobil. Pastikan semuanya tidak mengalami masalah. Pikir dua kali untuk membelinya jika terdapat kejanggalan, misal jok tidak mudah ditarik ke belakang atau wiper mengalami kemacetan. Jangan lupa cek lampu sign, hazard, lampu depan, dan lampu rem untuk memastikan bahwa semuanya masih bekerja dengan baik.

5. Periksa Kelengkapan Surat-suratnya

Salah satu hal terpenting pada saat membeli mobil bekas harga 60 jutaan terbaik adalah memeriksa kelengkapan surat-suratnya. Pastikan mobil tersebut mempunyai BPKB dan STNK yang asli dan tidak tertunda pajak. Jika ragu, Anda bisa melakukan pengecekan ke kantor samsat untuk mengetahui keasliannya.

Oline class=

Oline   •   administrator