Mada Prastya class= Mada Prastya   •   3 bulan lalu

7 Perbedaan Honda Jazz RS dan S, Ketahui Sebelum Beli

Sebelum beli, ketahui dulu perbedaan Honda Jazz RS dan S! (Foto: Honda)
Sebelum beli, ketahui dulu perbedaan Honda Jazz RS dan S! (Foto: Honda)

Perbedaan Honda Jazz RS dan S bisa dikatakan tidak begitu banyak. Namun, cukup signifikan mengingat bedanya berada pada fitur-fitur penting yang menunjang pengalaman berkendara. Apa saja itu? Kita akan bahas satu per satu.

Honda Jazz sudah lama menjadi andalan PT Honda Prospect Motor untuk segmen kendaraan city car atau hatchback di Indonesia. Sebenarnya, bukan hanya di dalam negeri saja. Namun mobil yang memiliki desain sporty ini juga merupakan ujung tombak Honda di pasar global. Di sejumlah negara mobil ini dipasarkan dengan nama Honda Fit.

Di Indonesia sendiri, saat ini unit baru Honda Jazz dipasarkan dalam dua tipe. Tipe pertama adalah Honda Jazz S yang berstatus sebagai tipe basic. Kedua adalah Honda Jazz RS sebagai tipe paling atas. Sekilas, keduanya cukup identik, terlebih pada sisi eksterior. 

Hanya sedikit perbedaan pada penampilan, tak jarang membuat konsumen kebingungan dalam memilih. Jika Anda termasuk salah satunya, tenang saja karena kita akan membahas perbedaan Honda Jazz RS dan S secara lengkap.

1. Perbedaan eksterior

Di bagian interior, ada dua poin penting yang membedakan kedua tipe mobil ini. Pertama, Honda Jazz RS sudah menggunakan lampu full LED. Sementara itu, tipe biasa atau S masih menggunakan lampu halogen.

Perbedaan selanjutnya, Honda Jazz RS tampil lebih sporty dengan side skirt yang menghiasi body kendaraan. Tentunya Anda tidak mendapatkan komponen ini tipe standar.

2. Beda ukuran ban OEM

Masih dari sisi eksterior, kedua tipe dilengkapi dengan ban OEM (Original Equipment Manufacturer) yang memiliki ukuran berbeda. Tentunya ban tipe RS punya profil lebih besar, walau ukuran pelek yang dipakainya masih sama.

Honda Jazz RS memiliki ban OEM berukuran 185/55 R16. Sedangkan tipe S dilengkapi dengan ban berukuran 175/65 R16. 

Head unit Honda Jazz RS

3. Beda head unit yang digunakan

Beranjak ke interior, di sinilah perbedaan yang paling banyak. Salah satu yang paling mencolok adalah jenis head unit yang digunakan.

Honda Jazz RS memiliki head unit 8 inci touchscreen dengan berbagai fitur terkini. Mulai dari kemampuan pemutaran MP3, radio, koneksi USB, koneksi HDMI, AUX, dan koneksi smartphone. Sementara itu Jazz tipe S dibekali head unit lebih kecil, berukuran 6,2 inci yang juga sudah touchscreen. Fiturnya tidak jauh berbeda.

4. Honda Jazz RS dilengkapi paddle shift

Nah, ini dia perbedaan yang sangat terasa terkait pengalaman berkendara. Honda Jazz RS sudah menggunakan paddle shift untuk pilihan yang menggunakan transmisi otomatis CVT. 

Komponen pemindahan gigi berupa tuas kecil yang berada di belakang lingkar kemudi tersebut membuat aktivitas berkendara semakin sporty. Konsumen akan disuguhkan pengalaman berkendara selayaknya mengemudikan mobil balap Formula 1.

Paddle shift dan cruise control Honda Jazz RS

5. Cruise control dan audio steering switch

Masih dari area kemudi, Honda Jazz RS juga memiliki keunggulan lain, berupa cruise control dan audio steering switch. Fitur yang pertama berguna membantu pengendara mengatur kecepatan konstan jika kondisi jalan memungkinkan. Sedangkan, fitur kedua berfungsi mengatur pengoperasian sistem hiburan khususnya musik dengan lebih mudah.

6. Jazz RS punya setir berbalut kulit

Walau bukan terkait dengan teknologi, namun pemberian lapisan kulit pada lingkar setir Honda Jazz RS membuatnya punya penampilan lebih eksklusif. Selain itu, material kulit juga akan lebih tahan lama dalam penggunaannya.

7. Fitur interiornya lainnya

Beberapa detail perbedaan lainnya antara lain adanya tweeter speaker pada tipe RS. Tipe ini juga sudah dilengkapi dengan one push ignition system. Tipe Jazz RS juga punya auto AC dengan Smart Touch. Sedangkan Honda Jazz S masih menggunakan manual AC.

Honda Jazz RS Orange

Itulah sederet perbedaan yang bisa ditemukan pada kedua tipe mobil ini. Selebihnya, mobil menggunakan mesin yang sama, yaitu unit berkapasitas 1.500 cc dengan 4-silinder yang punya tenaga 120 ps dan torsi 145 Nm. Keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 kecepatan atau otomatis CVT yang sudah mengusung teknologi Earth Dream Technology.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda tinggal pilih tipe mana yang dirasa cocok. Temukan mobilnya sekarang di CAROLINE.id! Atau lihat pilihan city car lainnya yang tak kalah menarik.

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.