Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   3 bulan lalu

Apple Kembangkan Teknologi Kunci Mobil Mutakhir

Smart Key (istimewa)
Smart Key (istimewa)

Apple tampaknya ingin turut mendukung perkembangan di industri otomotif dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi, pabrikan otomotif dan juga luar otomotif berlomba mengembangkan fitur-fitur modern dan mutakhir untuk kendaraan masa depan. Salah satunya adalah digitalisasi fitur yang kini kian berkembang secara signifikan.

Untuk pasar otomotif Indonesia, kini sejumlah mobil telah dilengkapi dengan kunci mobil dengan teknologi modern, seperti smart key yang kini telah disematkan pada sejumlah produk yang dijual di Tanah Air. Penggunaan kunci konvensional, saat ini pun masih digunakan pada sejumlah mobil, khususnya pada varian terbawah atau termurah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini penggunaan kunci dikembangkan ke arah digital. Terbaru, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple mengembangkan teknologi menggunakan produk ponsel mereka. Di mana di awal Februari lalu (5/2/2020), Apple turut merilis versi beta iOS 13.4 untuk pengembangan fungsi CarKey yang bisa digunakan di iPhone dan Watch.

>>> Baca juga: Mesinnya Modern, Kenali Teknologi Peugeot 3008 dan 5008

Fitur baru ini memungkinkan pengguna menggunakan iPhone untuk membuka, mengunci, hingga starter mobil. Namun yang perlu diperhatikan bahwa fitur ini dapat digunakan, jika smartphone sudah kompatibel dengan Near Field Communication (NFC).

Selain itu, fitur terbaru yang dikembangkan Apple itu juga tak perlu memerlukan autentifikasi Face ID, jadi kalau iPhone dalam keadaan baterai habis CarKey tetap bisa digunakan.

Apple CarKey (macobserver)

Proses pemasangan awalnya ada di aplikasi Wallet, selanjutnya pengguna harus memiliki aplikasi pabrikan mobil dan memulai pengaturan. Jika proses awalnya sudah selesai selanjutnya CarKey dapat tersedia di aplikasi Wallet dan bisa digunakan. Jika pengguna memiliki Apple Watch, informasinya juga bisa ditambahkan, lohh!

Menariknya, CarKey pun memungkinkan untuk dibagikan ke orang lain seperti keluarga. Mengutip dari 9to5mac, Apple baru saja merilis pernyataan bahwa CarKey dapat dibagi melalui iMessage. Nantinya akan muncul kode atau password yang harus diisi untuk autentifikasi.

Apple sendiri sedang memulai kerja sama dengan beberapa produsen mobil untuk mengimplementasikan CarKey, karena saat ini masih versi beta penggunaan CarKey belum bisa tersedia untuk seluruh pengguna sampai iOS 13.4 dirilis secara resmi.

Banner Jual Mobil Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id