admin class= admin   •   3 bulan lalu

Asuransi Online: 4 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

Cari perlingungan buat mobil pun bisa di layanan asuransi online. (Foto Stock)
Cari perlingungan buat mobil pun bisa di layanan asuransi online. (Foto Stock)

Kini kita bisa dengan mudah membeli asuransi melalui layanan asuransi online. Tak terkecuali asuransi yang bertujuan untuk melindungi kendaraan. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, ada sejumlah hal yang mesti Anda ketahui.

Ketika berkendara, tak dapat dipungkiri adanya potensi kecelakaan di jalan, baik itu kecelakaan tunggal, perbuatan kriminal, hingga bencana alam yang terjadi. Melihat hal tersebut, keberadaan asuransi memiliki peranan penting sebagai pertanggungan kerugian yang terjadi terhadap kerusakan kendaraan.

Maka, tak heran jika setiap pemilik mobil disarankan untuk memiliki asuransi kendaraan bermotor untuk mengatasi kemungkinan kerugian yang bisa saja terjadi kapan saja. Di Indonesia, kini tidak sedikit perusahaan yang menawarkan produk asuransi. Meski demikian, setiap perusahaan asuransi memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda-beda. Seiring dengan adanya kemajuan teknologi, kini calon nasabah dapat mendaftarkan asuransi secara online. Ada beberapa asuransi online yang tersedia, salah satunya adalah asuransi mobil.

Asuransi online ini merupakan bentuk perkembangan produk asuransi yang memanfaatkan teknologi internet dalam melakukan transaksi pembayaran premi, serta layanan yang diberikan. Hal tersebut dapat mempermudah efisien secara waktu bagi nasabah yang menggunakan asuransi online

Penjualan asuransi online dilakukan melalui beberapa media, bisa melalui masing-masing platform perusahaan asuransi tersebut atau melalui marketplace khusus menjual asuransi. Cara inilah yang memudahkan calon nasabah untuk memilih produk asuransi yang ditawarkan dan dapat memilih kapan saja dan di mana saja selagi memiliki jaringan internet. 

Hal apa saja yang bisa didapatkan oleh para nasabah asuransi online? Berikut ada beberapa faktanya :

1. Calon nasabah yang aktif

Meski berbasis online, tentu saja peranan calon nasabah juga diperlukan dalam hal research beberapa produk. Hal ini bisa dilakukan dengan bertanya pada beberapa teman atau keluarga yang sudah menggunakan sebelumnya. Selain itu juga bisa dilakukan dengan mengunjungi platform masing-masing produk asuransi. 

Jika tidak melakukan hal tersebut, Anda sebagai calon nasabah tidak akan mengetahui fasilitas dan layanan yang akan diberikan oleh pihak asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, juga untuk mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti kelengkapan administrasi.

2. Kemudahan administrasi

Beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi pada umumnya mewajibkan calon nasabah untuk memberikan kelengkapan data sebagai persyaratan. Namun, hal tersebut akan jarang ditemukan pada produk semacam ini. Karena, pada formulir data yang diberikan, calon nasabah tidak perlu melakukan tes kesehatan. Bahkan, ada beberapa penyedia asuransi yang tidak perlu melakukan survey pada calon nasabah. Meski demikian, calon nasabah diminta untuk mengisi formulir dengan sebenar-benarnya.

Apabila calon nasabah tidak berlaku jujur, maka hal tersebut justru akan menyulitkan bagi mereka ketika ingin mengajukan klaim ke pihak asuransi. Akibatnya, pihak asuransi berhak untuk menolak klaim yang diajukan jika terdapat kejanggalan karena data yang tidak sesuai.

3. Premi terjangkau

Umumnya, dari berbagai penyedia asuransi online, produk yang ditawarkan pun beragam. Misalnya, dari perlindungan mobil jenis All Risk (menjamin secara keseluruhan) dan Total Loss Only (TLO) atau menjamin sebagian dari kerusakan sekitar 75 persen. Kedua jenis asuransi tersebut memiliki fasilitas dan layanan yang berbeda. Belum lagi jika terjadi perbedaan perusahaan penyedia asuransi. Premi yang dibayarkan umumnya berlaku untuk jangka waktu setahun. Harga yang ditawarkan pun rata-rata sekitar Rp800 ribuan untuk TLO. Sedangkan, untuk asuransi All Risk berada di kisaran Rp4 jutaan untuk satu tahun.

4. Reward nasabah

Pada beberapa perusahaan penyedia asuransi memiliki beberapa program untuk meningkatkan engagement bagi para nasabahnya. Salah satu program yang diadakan adalah program reward bagi nasabah. Sebenarnya, tak hanya dalam bentuk reward, melainkan juga dalam bentuk poin dan membership. Biasanya, untuk reward dan poin yang diberikan dapat ditukar di beberapa tenant tertentu. 

Empat hal tersebut secara umum menjadi bagian dari situasi yang diterima oleh para calon nasabah, baik melalui marketplace atau platform dari masing-masing . Bagaimana dengan pengalaman Anda dalam menggunakanya? Share di kolom komentar ya!

Jangan lupa untuk mengunjungi halaman Beli Mobil CAROLINE.id untuk melihat pilihan mobil dengan kondisi yang telah lulus inspeksi.

>>> Lihat pilihan mobil bekas dengan kualitas terjamin di CAROLINE.id

admin class=

admin   •   administrator