Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   2 bulan lalu

Beda Suzuki XL7 Dengan XL6 yang Dipasarkan di India

Suzuki XL7 resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp230 juta (Deni)
Suzuki XL7 resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp230 juta (Deni)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) teranyarnya, Suzuki XL7. Di India, mobil ini juga dikenal dengan nama XL6. Menariknya kedua produk itu memiliki sejumlah perbedaan, lohh!

Di Indonesia, Suzuki XL7 melengkapi jajaran produk Suzuki khususnya, di segmen medium SUV. Mobil ini diproduksi di pabrik Suzuki di Jawa Barat.

“Untuk XL7 itu memiliki detail yang berbeda, jika dibandingkan dengan XL6 yang dipasarkan di India. Karena XL7 dibuat dengan kandungan lokal 85%,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Donny juga turut mengatakan, “Kalau di India itu menggunakan captain seat, hanya mengakomodir 6 orang penumpang saja. Kalau XL7 di Indonesia bisa muat 7 orang. Lalu di Indonesia juga telah dilengkapi dengan smart e-mirror, XL6 di India, tidak ada fitur itu.”

>>> Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Harga Lengkap Suzuki XL7

Suzuki XL 7 Indonesia

Diketahui memang untuk Suzuki XL7 tidak dilengkapi dengan model captain seat di bangku baris kedua, tidak sama dengan XL6 yang dipasarkan di India.

“Pertimbangan tidak membuat model captain seat, lebih kepada daya muatnya, karena hanya 6 orang saja. Sedangkan konsumen Indonesia cenderung membawa seluruh keluarga, termasuk kakek atau nenek di dalam keluarga inti, itulah mengapa 7-seater bakal lebih laku di sini (Indonesia),” imbuh Donny.

Mobil dengan layout serupa sebelumnya memang pernah dipasarkan Suzuki di tahun 2003 lalu, yang diberi nama Suzuki Grand Escudo XL7. Mobil ini diklaim pabrikan sebagai pioner mobil 7-penumpang bagi Suzuki.

Suzuki XL7 meluncur di Indonesia (Deni)

>>> Baca juga: Menilik Jajaran Produk Terbaru Suzuki Indonesia di 2020

“Dari hasil riset kami, nama itu (XL7) masih melekat di benak masyarakat, jadi kami produksi kembali dengan berbagai fitur terkini,” kata Donny.

Menanggapi produk teranyarnya itu, Donny pun mengungkapkan keyakinannya bahwa mobil ini mampu diserap pasar baik dalam dan luar negeri.

“Kalau bicara captain seat ya mungkin saja, tergantung dari permintaan. Ekspor mintanya apa, kami siap, dengan target penjualan 12.600 unit setiap tahunnya,” pungkas Donny.

Banner Jual Mobil Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id