Mada Prastya class= Mada Prastya   •   5 bulan lalu

Cara Beli Mobil Bekas Agar Dapat Unit yang Bagus

Cara Beli Mobil Bekas Agar Dapat Unit yang Bagus (Foto: The Balance)
Cara Beli Mobil Bekas Agar Dapat Unit yang Bagus (Foto: The Balance)

Mahal atau murah memang tergantung kondisi kantong setiap orang. Tapi dalam hal membeli mobil, harga yang ditawarkan untuk mobil bekas dapat dipastikan lebih murah dibandingkan mobil baru. Dengan mengeluarkan dana lebih rendah, maka Anda bisa mendapatkan unit yang sama. Meski demikian, Anda perlu mengetahui cara beli mobil bekas agar dapat unit yang sesuai harapan.

Alasan utamanya karena mobil bekas sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Setiap orang pun memperlakukan kendaraan secara berbeda-beda. Maka itu, berikut ini adalah sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas.

1. Memastikan kelengkapan surat-surat

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memastikan surat-surat kendaraan dalam kondisi lengkap dan cocok antara satu dengan yang lain. Utamanya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Pastikan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di kedua dokumen tersebut cocok dengan yang ada di kendaraan.

2. Cek kondisi mobil secara langsung dan test drive

Di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang semakin banyak cara untuk melakukan pembelian mobil secara online. Seperti halnya yang bisa Anda lakukan di CAROLINE.id. Namun rasanya memang belum lengkap jika beli mobil tanpa melihat kondisinya secara langsung. Untuk itu, Anda bisa mengatur pertemuan dengan penjual. Jangan lupa untuk melakukan test drive agar bisa merasakan kondisi mobil ketika dikendarai.

Dalam hal ini, bersama CAROLINE.id Anda punya dua pilihan, yaitu datang ke dealer CAROLINE.id atau menikmati layanan test drive di rumah. Di mana tim CAROLINE.id siap datang ke alamat Anda membawa mobil yang diminati.

>>> Pilih mobil yang ada di CAROLINE.id

3. Lihat riwayat perawatan kendaraan

Setiap mobil idealnya memiliki catatan riwayat perawatan. Dari sini Anda bisa melihat apakah mobil mendapat perawatan secara berkala dari pemilik sebelumnya atau sesederhana kapan terakhir ganti oli. Dari riwayat perawatan kendaraan ini Anda pun bisa mengetahui keaslian odometer atau jarak tempuhnya.

4. Cek apakah mobil pernah kebanjiran

Langkah ini wajib dilakukan jika Anda membeli mobil yang biasa dipakai di daerah rawan banjir. Masalahnya, mobil yang pernah kebanjiran serius berpotensi menyimpan masalah teknis. Mulai dari body yang berkarat hingga kelistrikan.

Ada beberapa cara untuk mengeceknya, misal melihat apakah ada sisa-sisa lumpur yang bersarang di baut-baut pengikat jok dan lantai mobil. Atau memperhatikan adanya perbedaan warna di pelapis pintu mobil bagian dalam. Jika bagian atas dan bawahnya terlihat ada perbedaan warna yang disebabkan oleh air maka Anda patut menanyakan lebih lanjut kepada sang penjual.

5. Periksa aksesori dan komponen

Tak kalah penting, langkah yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas adalah memeriksa aksesori dan komponen yang ada di mobil, misalnya saja headunit atau ban cadangan. Anda pastinya akan merasa lebih puas ketika mendapat mobil dengan aksesori atau komponen dalam kondisi lengkap dan asli.

Jika langkah cara beli mobil bekas di atas telah dilakukan dan kondisi mobil dirasa sesuai, maka Anda tak perlu lagi ragu untuk menembusnya. Untuk melihat berbagai pilihan mobil bekas berkualitas, jangan lupa kunjungi halaman Beli Mobil CAROLINE.id

>>> Kunjungi halaman Beli Mobil CAROLINE.id

Ayla 1.2 R 2018 AT
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.