Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 minggu lalu

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih
Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

Ukuran ban mobil sangat bervariasi. Begitu juga dengan produk-produknya yang bisa dipilih di pasaran. Hal ini bisa jadi sesuatu yang membingungkan bagi awam ketika harus memilih ban mobil yang tepat.

Tak sedikit pemilik mobil yang terjebak rasa bimbang memilih merek ban yang akan digunakan. Padahal, sebelum sampai pada tahap itu ada sesuatu yang lebih penting untuk dipikirkan, yaitu ukuran ban itu sendiri. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan syarat Anda bisa membaca ukuran ban.

Tak sulit untuk melakukannya karena semua informasinya bisa ditemui pada dinding ban mobil. Langkah awal yang mesti dilakukan ialah mencari deretan angka dan huruf dengan kombinasi semacam ini, 195/55 R16. Kombinasi  tersebut hanya sebatas contoh, informasi yang tertera di ban mobil Anda mungkin saja berbeda.

Satu hal yang menjadi pertanyaan pastinya, apa arti kombinasi tersebut? Mari bahas satu per satu. Angka “195” yang tertera pada kombinasi tersebut menandakan lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Semakin besar angkanya berarti tapak ban semakin lebar, begitu juga sebaliknya.

Untuk yang selanjutnya nampak angka “55”. Angka ini menandakan tinggi dinding ban dalam bentuk persentase pada tapak ban. Gampangnya, berarti tinggi dinding ban kombinasi tersebut adalah 55% dari 195 milimeter, yang berarti 107,25 milimeter.

Dari kedua informasi tersebut, ada beberapa hal yang dipertimbangkan ketika memilih ban mobil yang tepat. Pertama, semakin lebar permukaan tapak ban maka mobil akan memiliki cengkraman semakin baik ke permukaan aspal. Sisi minusnya, mobil jadi semakin boros bahan bakar dikarenakan besarnya hambatan gulir yang dimiliki.

Kedua, terkait dinding ban. Dinding ban yang rendah juga memiliki karakter berkendara sporty karena minimnya body roll yang akan dialami mobil ketika menikung. Sementara sisi minusnya mobil menjadi kurang nyaman karena profil yang tipis. Hal ini menjadi alasan kebanyakan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang mengutamakan kenyamanan penumpang menggunakan ban dengan profil relatif tebal. Begitu sebaliknya dengan mobil-mobil sport.

Belum selesai, masih ada satu angka lagi yang harus dilihat pada kombinasi di atas, yaitu angka paling belakang, “16”. Angka ini pada ukuran ban mobil menandakan diameter ban yang disesuaikan dengan ukuran pelek. Ketika pelek yang digunakan adalah ukuran 16 maka ban yang dipilih juga wajib ukuran 16.

Nah, jika penasaran dengan arti “R” pada kombinasi tersebut, itu berarti ban menggunakan konstruksi radial.

Sebenarnya masih ada beberapa kode lagi pada sebuah ban, seperti kode yang menandakan kecepatan maksimum ban atau bobot maksimal yang bisa ditopang oleh ban. Namun pada umumnya untuk pemilihan ban yang akan digunakan sehari-hari cukup mengacu pada kombinasi di atas.

>>> Temukan mobil impian Anda di CAROLINE.id! Baru ataupun bekas

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.