Mada Prastya class= Mada Prastya   •   3 minggu lalu

Cara Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Cara membeli mobil bekas agar tidak tertipu. (Foto: Shutterstock)
Cara membeli mobil bekas agar tidak tertipu. (Foto: Shutterstock)

Cara membeli mobil bekas agar tidak tertipu perlu diketahui oleh mereka yang hendak mencari kendaraan impiannya. Alasan utamanya tentu untuk menghindari kerugian finansial. Karena seperti diketahui, harga mobil mencapai ratusan juta bahkan kadang miliaran rupiah.

Untuk menghindari kerugian tersebut, berikut beberapa upaya atau cara membeli mobil bekas agar tidak tertipu penjual nakal.

1. Jangan mudah percaya

Upaya yang pertama, kita bisa mengandalkan logika untuk menghindari nasib menjadi korban penipuan. Waspada terhadap penjual atau iklan mobil yang menawarkan harga sangat jauh di bawah pasaran. Atau penjual yang bersikap tidak transparan, seperti enggan menunjukkan kelengkapan surat-surat atau bahkan penampakkan mobil itu sendiri.

2. Pelajari spesifikasi dan fitur

Mengetahui spesifikasi dan fitur mobil yang mau dibeli akan sangat bermanfaat. Karena kita jadi tahu jika ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil tersebut. Misalnya untuk mendeteksi apakah mobil masih menggunakan pelek orisinalnya atau tidak dan semacamnya.

3. Gunakan jasa inspeksi independen

Tak bisa disangkal bahwa salah satu kekhawatiran ketika membeli mobil bekas adalah kondisi mesin mobil tersebut. Bagi awam tentunya akan sulit untuk membuktikan sendiri. Salah satu solusi yang tersedia kini adalah menggunakan jasa inspeksi independen. Solusi lain adalah kita bisa meminta bengkel resmi atau kepercayaan untuk memeriksa kondisi mobil incaran.

4. Periksa keabsahan surat-surat

Dengan bantuan teknologi kini hal ini bisa dilakukan secara mudah. Namun untuk lebih memastikannya, Anda bisa menuju ke kantor SAMSAT di mana mobil itu terdaftar untuk memeriksa nomor polisinya. Informasi yang perlu Anda ketahui antara lain masa jatuh tempo pajak, status progresif, hingga status blokir kendaraan tersebut.

5. Beli di tempat yang terpercaya

Tak kalah penting, kita bisa memilih tempat yang terpercaya untuk membeli mobil bekas. Penjual atau dealer yang sudah memiliki nama besar biasanya akan memberi pelayanan terbaik demi menjaga citra dan kepercayaan pelanggan. sehingga Anda tak perlu ragu untuk bertransaksi.

Seperti halnya CAROLINE.id yang selalu transparan dan mengutamakan kepuasan pelanggan dalam membeli mobil impiannya. Di CAROLINE.id kondisi mobil terjamin karena telah melewati tahap inspeksi. Bahkan ada garansi satu bulan jika mesin tak sesuai hasil inspeksi. Beli mobil jadi lebih tenang. Untuk memastikan kondisinya bahkan Anda bisa menikmati layanan test drive gratis di rumah.

>>> Tunggu apa lagi? Pilih mobilnya dan test drive sekarang!

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.