Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 tahun lalu

Cara Memegang Setir Mobil yang Benar ala Pembalap

Ilustrasi cara memegang setir mobil yang benar. (Foto: CAROLINE.id/Shutterstock)
Ilustrasi cara memegang setir mobil yang benar. (Foto: CAROLINE.id/Shutterstock)

Cara memegang setir mobil yang benar di antaranya adalah menaruh tangan kiri pada posisi jam 9 dan tangan kanan pada posisi jam 3 dari lingkar kemudi. Posisi yang selalu diterapkan para pembalap ini rupanya juga membawa keuntungan untuk berkendara sehari-hari.

Hal tersebut diutarakan oleh seorang instruktur dari Team O’Neil Rally School dalam salah satu video di channel YouTube sekolah balap tersebut.

Keuntungan pertama dari cara ini adalah pengemudi akan selalu mengetahui posisi lurus setir. Terutama jika suatu saat harus memutar setir dengan cepat dan berkali-kali. Hal tersebut memungkinkan karena ada yang dinamakan muscle memory.

Tak kalah penting, dengan posisi 9-3 pengemudi juga memiliki kemampuan memutar setir lebih banyak ketika melalui tikungan tajam tanpa perlu melepas tangannya. Hal itu sulit didapat jika pengemudi menaruh tangan pada posisi 10-2. Meskipun posisi ini masih sah-sah saja untuk dipraktikkan dalam berkendara sehari-hari.

Keuntungan lain dari cara memegang setir dengan posisi 9-3 adalah tangan lebih mudah menjangkau tuas-tuas yang berada di belakang lingkar kemudi. Ambil contoh tuas lampu sein, wiper, atau mungkin paddle shift.

Nah, untuk cara yang harus dihindari adalah memegang lingkar kemudi hanya dengan tangan satu. Posisi seperti sangat berbahaya karena akan sulit mengontrol arah mobil jika harus melakukan reaksi cepat.

Dalam video itu juga dijelaskan bahaya kebiasaan terlalu sering menyilangkan tangan ketika memutar lingkar kemudi. Karena dengan begitu tangan akan menghalangi air bag jika harus mengembang karena terjadi benturan.

Mengemudi dengan satu tangan menjadi hal yang bisa diterima hanya ketika mobil melaju pada kecepatan lambat, misalnya ketika hendak parkir. Cara ini justru menjadi teknik yang sangat efektif untuk mengubah arah kendaraan secara cepat.

Sekarang sudah tahu kan cara memegang setir yang benar? Jangan lupa selalu mematuhi peraturan di jalan dan percayakan urusan jual beli mobil Anda ke CAROLINE.id.

>>> Lihat pilihan mobil yang dijual di CAROLINE.id

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.