Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 minggu lalu

12 Cara Menghemat BBM Mobil Tanpa Penghemat Bensin

Cara menghemat BBM mobil bisa dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah ini. (Foto: Pexels)
Cara menghemat BBM mobil bisa dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah ini. (Foto: Pexels)

Cara menghemat BBM mobil atau bahan bakar minyak ini bisa Anda lakukan tanpa harus repot menggunakan penghemat bensin. Satu hal yang diperlukan adalah membentuk kebiasaan berkendara dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kondisi mobil selalu prima. 

Upaya ini akan lebih mudah jika mobil yang Anda miliki juga dilengkapi fitur-fitur yang bisa membantu menekan konsumsi bahan bakar.

Cara menghemat BBM mobil

Berkendara dengan kecepatan stabil

1. Berkendara dengan kecepatan stabil

Mobil akan lebih hemat bahan bakar ketika melaju dengan kecepatan stabil. Contohnya saja ketika Anda pergi ke luar kota melalui jalan bebas hambatan. Dalam kondisi ini pastinya mobil jadi lebih irit dibanding ketika harus terjebak macet di dalam kota. 

Hemat menggunakan AC

2. Hemat menggunakan AC mobil

Sadar atau tidak AC atau air conditioner mobil menyedot cukup banyak tenaga dari mesin yang pada akhirnya membuat konsumsi bahan bakar bertambah. Tak ada salahnya memilih waktu yang tepat untuk menggunakannya demi konsumsi BBM lebih irit.

Menggunakan bahan bakar yang tepat

3. Menggunakan bahan bakar yang tepat

Tergantung dari kompresi mesinnya, setiap mobil membutuhkan jenis bahan bakar yang berbeda dilihat dari kadar oktannya. Jenis bahan bakar yang tepat akan membuat mesin bekerja lebih efektif dan pastinya irit bensin.

Menggunakan fitur cruise control

4. Menggunakan fitur cruise control

Fitur cruise control berguna untuk menjaga kecepatan mobil stabil. Seperti sudah disebut di awal, hal tersebut bisa membuat mobil lebih irit. Maka jika mobil Anda memiliki fitur cruise control disarankan untuk memanfaatkannya di situasi yang memungkinkan.

Pastikan ban tidak kekurangan angin

5. Pastikan ban memiliki tekanan angin yang cukup

Ban yang kekurangan angin bisa menciptakan rolling resistance atau hambatan gulir lebih besar dari semestinya. Hal ini disebabkan permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal menjadi lebih besar. Akibatnya laju mobil jadi terhambat sehingga menjadi boros.

Service mobil secara teratur

6. Service mobil secara teratur

Agar mobil hemat bensin maka kondisi mesinnya pun harus prima. Semua aspeknya harus terjaga, mulai dari pengapian, pasokan udara, hingga saluran bahan bakar. Jika ada salah satunya yang kurang sehat maka bisa dipastikan kerja mesin lebih boros.

Tidak berkendara dengan beban berlebih

7. Hindari membawa beban berlebih

Salah satu penyebab mobil boros bensin adalah beban kendaraan yang berat. Jika faktor efisiensi benar-benar menjadi pertimbangan Anda maka sebisa mungkin hindari berkendara dengan beban berlebih. Itu artinya tidak membawa kargo dalam jumlah besar termasuk membatasi jumlah penumpang.

Cari rute yang lancar - cara menghemat bbm mobil

8. Hindari kemacetan

Kondisi jalanan yang macet memaksa kendaraan lebih banyak diam sehingga bahan bakar terbuang percuma. Hal ini memang menjadi problematika mereka yang tinggal di perkotaan. Sebagai solusinya, Anda bisa mencari waktu yang tepat untuk bepergian guna menghindari jalanan macet.

cara menghemat bbm mobil - Memanfaatkan fitur eco indicator

9. Memanfaatkan fitur eco 

Ada banyak mekanisme fitur eco yang terdapat pada mobil, misalnya membatasi putaran mesin. Lebih sederhana lagi, ada yang bentuknya sebatas lampu indakator. Indikator tersebut akan menyala ketika Anda berkendara pada putaran mesin yang tepat. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur ini jika tersedia.

cara menghemat bbm mobil - Menggunakan gigi yang tepat

10. Menggunakan gigi yang tepat

Khusus untuk pengguna mobil manual, salah satu kunci berkendara hemat bahan bakar adalah selalu menggunakan gigi sesuai dengan kecepatan. Hal ini bertujuan menghindari mesin berputar terlalu tinggi sehingga menjadi menyedot lebih banyak bahan bakar.

cara menghemat bbm mobil - Berkendara secara halus

11. Berkendara dengan halus

Berkendara dengan halus artinya Anda tidak melaju kencang secara tiba-tiba. Sebaliknya, kecepatan yang tinggi bisa dicapai dengan cara bertahap. Bukan hanya membuat bensin lebih irit, namun hal ini juga menjadikan mesin awet.

Menjaga putaran mesin - cara menghemat bbm mobil

12. Menjaga putaran mesin di 2.000-4.000 rpm

Putaran mesin juga turut menentukan konsumsi bahan bakar kendaraan. Semakin tinggi putaran mesin pastinya butuh semakin banyak bahan bakar. Agar irit Anda perlu menjaga putaran mesin berada di level ideal, biasanya antara 2.000 sampai 4.000 rpm.

Setelah mengetahui cara menghemat BBM mobil seperti sudah dijelaskan, semoga Anda lebih jarang mampir ke pom bensin. Semoga tipsnya bermanfaat dan jangan lupa kunjungi halaman Beli Mobil CAROLINE.id untuk menemukan mobil impian Anda selanjutnya.

>>> Temukan mobil impian Anda di CAROLINE.id! Buktikan kondisinya dengan test drive gratis di rumah

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.