Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   1 minggu lalu

Catatan Positif Daihatsu di Tahun 2019

Jajaran manajemen Daihatsu (istimewa)
Jajaran manajemen Daihatsu (istimewa)

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil membukukan penjualan positif sepanjang tahun 2019 lalu. Pencapaian penjualan Daihatsu yang diraih tersebut berhasil membawa pabrikan asal Jepang itu, kembali meraih peringkat ke-2 selama 11 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional di tengah persaingan yang ketat saat ini.

Adapun penjualan Daihatsu di tahun 2019 lalu masih ditopang oleh 3 model andalan mereka yang berkontribusi dalam penjualan, seperti Daihatsu Xenia, Gran Max, dan Sigra.

Pencapaian ini juga tak lepas dari kuatnya jaringan penjualan dan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu bertambah jumlahnya, seiring waktu demi memudahkan pelanggan untuk memiliki dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya.

Tidak hanya fokus pada sisi penjualan saja, Daihatsu juga terus berinovasi dengan melakukan pembaharuan dalam proses produksi yang lebih berkualitas dengan fokus pada 3 hal utama, yakni safety, quality, dan efficiency.

>>> Baca juga: Mitsubishi Emergency Program, Untuk Konsumen Terkena Banjir

Booth Exhibition Daihatsu

Tujuan dari inovasi di bidang safety untuk menjadi merek yang terpercaya dengan selalu menciptakan proses kerja yang aman. Sementara itu, inovasi pada quality bertujuan agar semua produk Daihatsu menjadi best fit in Indonesia. Pada sisi efisiensi, agar Daihatsu selalu dapat memberikan best value ke Sahabat.

Di awal tahun ini, ADM juga menampilkan sebagian dari proses inovasi dalam proses kerja produksi tersebut, melalui booth exhibition sebagai gambaran representasi.

Untuk safety tertuang melalui Press Plant Daihatsu yang mempresentasikan tentang inovasi sensor pendeteksi bahaya, yang juga akan bekerja menahan mesin press, ketika karyawan memasuki area beresiko tinggi, agar lebih aman dan terhindar dari kecelakaan kerja.

Dalam hal quality, diwakilkan oleh Engine Plant dengan alat ‘quality detector’ yang dapat menghasilkan kualitas potongan dari tiap komponen mobil yang lebih presisi, dan casting plant dengan ‘robot deburring’ yang berfungsi sebagai alat pembersih scrap secara otomatis.

Jajaran pameran exhibition Daihatsu

Pada sisi efficiency, diwujudkan dalam Body Plant, mengenai optimalisasi proses penyatuan bagian bodi atas dengan bodi bawah mobil secara otomatis, agar proses kerja lebih cepat, dan lebih hemat ruang.

Sebagai hasilnya, Daihatsu di Indonesia sukses meraih penghargaan dan berprestasi di ajang InnovAstra yang ada di dalam grup Astra, serta berhasil meraih 3 penghargaan tertinggi diamond pada konvensi skala nasional seperti TKMPN (Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional).

“Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi nomor 2 selama 11 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional. Pencapaian ini tidak lepas dari hasil inovasi yang dilakukan terus menerus dari seluruh team demi meningkatkan safety, quality, dan efficiency,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

Banner Jual Mobil Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id