Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 minggu lalu

Fungsi Spoiler Mobil yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fungsi spoiler mobil untuk menciptakan downforce bagi kendaraan. (Foto: Shutterstock)
Fungsi spoiler mobil untuk menciptakan downforce bagi kendaraan. (Foto: Shutterstock)

Setiap bagian eskterior mobil didesain bukan hanya dibuat untuk mengejar tampilan kendaraan. Lebih dari itu, namun juga mengedepankan fungsi, seperti halnya spoiler. Bahkan, bisa dibilang fungsi spoiler mobil sangat krusial, terlebih untuk mobil-mobil dengan performa tinggi.

Spoiler umumnya dikenal sebagai komponen yang berada di bagian belakang bodi mobil. Bentuknya menyerupai sebuah sayap. Pada awalnya spoiler hanya digunakan pada mobil-mobil balap.

>>> Baca juga: Pengertian Hydroplaning, Ancaman Keselamatan Saat Musim Hujan

Namun karena terbukti dapat memberi keuntungan bagi handling kendaraan maka produsen pun berlomba-lomba memasang spoiler pada produk massalnya.

Meski wujudnya cukup familiar di mata penggemar otomotif, namun mungkin sebagian dari Anda belum tahu pasti fungsi spoiler mobil. Mengutip informasi di website resmi Nissan Indonesia, fungsi “sayap” ini adalah bagian dari upaya menambah downforce kendaraan.

Downforce sendiri bisa dibilang sebagai gaya yang menekan mobil ke bawah atau aspal. Dengan porsi yang pas, maka downforce bisa menambah kestabilan kendaraan ketika diajak lari kencang.

Nah, selain di belakang bodi mobil, ada pula spoiler yang ditempatkan di depan dan samping bodi. Idealnya sebuah mobil membutuhkan semuanya guna mencapai hasil yang maksimal. Pemasangannya pun memerlukan perhitungan yang matang. Karena jika sembarangan maka handling mobil malah jadi kacau.

Efeknya juga memengaruhi konsumsi bahan bakar. Karena spoiler yang kurang berkualitas umumnya memiliki bobot yang terlalu besar. Pada akhirinya hal tersebut menambah beban bagi kendaraan dan bikin boros bahan bakar.

Banner Promo Romantis Caroline
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.