Mada Prastya class= Mada Prastya   •   1 bulan lalu

Ganjil Genap Jakarta Belum Berlaku, Ini Alasannya

Ganjil Genap Jakarta Belum Berlaku, Ini Alasannya (Foto: Shutterstock)
Ganjil Genap Jakarta Belum Berlaku, Ini Alasannya (Foto: Shutterstock)

Hingga saat ini pembatasan jumlah kendaraan di DKI Jakarta melalui sistem ganjil genap belum berlaku. Pihak Kepolisian memiliki alasan tersendiri atas penundaan aktivasi ganjil genap Jakarta.

Mengutip informasi di halaman resmi NTMC Polri, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berharap penundaan ini bisa menjaga protokol kesehatan termasuk physical distancing di dalam kendaraan umum.

Anggapannya, jika ganjil genap mulai diberlakukan maka pemilik kendaraan akan beralih memenuhi transportasi umum di saat kendaraannya terkena pembatasan.

“Tentu pemerintah bersama Ditlantas Polda Metro Jaya kita akan mengkaji, karena apa? Karena kita kan berupaya supaya menjaga physical distancing di kendaraan umum ya,” ucap Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo, Rabu, 1 Juli 2020.

Di lain sisi, pemerintah daerah DKI Jakarta juga belum memberikan keputusan untuk mengaktifkan ganjil genap.

Menurut sumber yang sama, disebutkan bahwa volume kendaraan di DKI Jakarta saat ini memang hampir mencapai angka normal. Namun, kondisinya terbantu dengan adanya surat edaran gugus tugas bagi perusahaan-perusahaan untuk melakukan pembagian jam masuk kerja.

“Surat edaran dari satuan gugus tugas yang menyatakan bahwa ada pembagian jam masuk kantor 07.00 WIB dan jam 10.00 WIB, ini saya rasa cukup membantu terutama bagi penumpang angkutan umum yang setiap pagi komuter bergerak dari arah Bodetabek masuk Jakarta,” tambah Dirlantas.

>>> Aktivitas lebih sehat dan nyaman dengan mobil pribadi, pilih mobilnya sekarang!

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.