Mada Prastya class= Mada Prastya   •   3 bulan lalu

Kaca Mobil Berjamur, Ketahui Cara Mencegahnya

Kaca Mobil Berjamur Ilustrasi
Kaca Mobil Berjamur Ilustrasi

Kaca mobil berjamur bukan hanya membuat penampilan kendaraan menurun. Malainkan, juga ada potensi mendatangkan bahaya. Untuk itu setiap pemilik mobil perlu mengetahui cara mencegah timbulnya jamur kaca mobil.

Sebenarnya, munculnya jamur di kaca mobil merupakan hal lumrah. Apalagi untuk mobil-mobil yang sudah berusia di atas lima tahun dan kerap beredar di daerah-daerah sering turun hujan.

Jamur-jamur tersebut biasanya dapat ditemui di permukaan luar kaca depan (windshield), samping, atau belakang. Bentuknya seperti bercak-bercak putih.

Jika Anda coba membersihkannya dengan air, bercak tersebut nampak menghilang. Namun ketika kondisi permukaannya sudah mengering kembali, maka Anda akan bisa melihat bercak-bercak itu muncul lagi.

Jika Anda menghadapi situasi tesebut, tak perlu panik karena masih ada jalan keluar menghilangkan jamur kaca mobil meski harus menggunakan carian khusus. Jalan paling mudah ialah membawa mobil ke salon untuk mendapatkan penanganan profesional.

Namun, sebelum jamur kaca muncul atau semakin parah, tak ada salahnya pemilik mobil melakukan langkah pencegahan. Upaya ini diperlukan setidaknya karena dua alasan.

Alasan pertama ialah jamur tersebut membuat penampilan mobil nampak kurang menarik. Mobil juga terlihat minim perawatan.

Hal ini bisa jadi hal yang merugikan jika suatu saat Anda hendak menjual mobil. Apalagi jika jamur di kaca mobil sudah cukup parah sehingga bisa terlihat dengan jelas dari jarak yang cukup jauh.

Namun, hal lain yang lebih penting ialah menyangkut keselamatan Anda ketika berkendara. Jamur di kaca mobil bisa menurunkan visibilitas dari dalam kabin kendaraan. Terlebih ketika hujan turun atau malam hari.

Jamur-jamur tersebut akan menimbulkan bias atau pantulan cahaya yang bisa mengaburkan pandangan Anda.

Dua alasan tadi rasanya cukup untuk mendorong pemilik mobil lebih memerhatikan kondisi kaca mobilnya.

Menghilangkan-Jamur-Kaca-Mobil

Cara mencegah kaca mobil berjamur

Untuk mencegah kaca mobil berjamur, Anda perlu mengetahui sebabnya terlebih dahulu. Jamur di kaca mobil timbul akibat air yang terlalu lama dibiarkan bersarang di permukaannya.

Ambil contoh ketika mobil habis melewati hujan deras. Jika mobil dibiarkan saja mengering dengan sendirinya, maka kemungkinan besar akan timbul jamur di kacanya.

Cara pencegahannya cukup mudah. Sebisa mungkin pemilik mobil tidak membiarkan kaca mobil basah terlalu lama. Apalagi membiarkan kering dengan sendirinya.

Jika mobil habis diguyur hujan lebat, segera bilas kaca dan body menggunakan air bersih dan mengelapnya hingga kering. Begitu juga dengan saat kita mencuci mobil. Jangan lupa mengeringkan kaca dengan lap bersih agar terhindar dari jamur.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam
Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.