Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   2 minggu lalu

Kapasitas 7-Penumpang Lebih Diminati di Segmen Mobil LCGC

New Daihatsu Sigra (Deni)
New Daihatsu Sigra (Deni)

Industri otomotif Indonesia memiliki pasar yang cukup baik, hal itu terlihat dari kian bertumbuhnya sejumlah segmen kendaraan seperti LCGC (Low Cost Green Car), Multi Purpose Vehicle (MPV), hingga Sport Utility Vehicle (SUV) yang tercatat meraih penjualan cukup baik sepanjang tahun 2019 lalu.

Menariknya, model-model LCGC kini menjadi salah satu segmen yang cukup diburu konsumen di Indonesia. Hal tersebut berdasar, mengingat mobil LCGC memiliki banderol terjangkau. Serta kini hadir dalam pilihan kapasitas 7-penumpang.

Segmen yang diincar model-model LCGC di Indonesia menyasar pada para first buyer atau konsumen yang beralih dari kendaraan roda dua, menjadi menggunakan roda empat.

Dari sejumlah produk mobil LCGC di Tanah Air, tidak semua merek mampu meraih penjualan cukup baik dan bersaing dengan rival-rivalnya.

Salah satu yang kurang gemilang dalam persaingan di segmen LCGC adalah Datsun yang akhirnya harus perlahan menghilang dari persaingan. Selain itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengandalkan Suzuki Karimun Wagon R untuk berkiprah di segmen LCGC pun terlihat tak terlalu ‘greget’ bermain di segmen mobil murah itu.

Suzuki Karimun Wagon R 7-seater bakal bermain di segmen mobil LCGC

“Bermain di segmen LCGC, kami masih menjual Karimun Wagon R hingga saat ini. Memang belum ada penyegaran lagi, tapi bukan berarti tidak akan ada penyegaran,” ujar Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS.

Lebih jauh Donny pun menambahkan, bahwa Ia pun turut memperhatikan LCGC yang laris di Indonesia, umumnya mengusung kapasitas 7-penumpang. Berangkat dari hal tersebut, peluang Karimun Wagon R di India yang mengusung 7-penumpang, bisa saja dipertimbangkan untuk dibawa ke Indonesia.

Pun begitu, Suzuki Indonesia masih belum mau memberikan sinyal kepastian LCGC 7-seater miliknya itu dibawa ke Tanah Air.

“Untuk ubahan pada Karimun, saat ini belum bisa kita informasikan, tunggu saja informasi selanjutnya,” papar Donny.

>>> Baca juga: Menilik Jajaran Produk Terbaru Suzuki Indonesia di 2020

Sekadar informasi, Suzuki Karimun Wagon R pertama kali meluncur di Indonesia di tahun 2013 lalu. Setahun kemudian SIS meluncurkan varian tertinggi bernama GS dengan desain wajah lain. Saat ini Karimun dijual dengan dua desain wajah yang berbeda.

Sedari awal Karimun hanya ditawarkan transmisi otomatis, namun pada 2015 varian otomatisnya, AGS, meluncur. Hingga kini belum ada lagi pengumuman perubahan desain Karimun, kendati begitu Suzuki di India sudah melakukan penyegaran desain pada awal tahun 2019 lalu.

Well.. kita tunggu bersama nasib Karimun Wagon R di Indonesia selanjutnya!

Banner Promo Romantis Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id