Mada Prastya class= Mada Prastya   •   2 minggu lalu

Ketahui Tekanan Angin Ban Mobil yang Tepat

Ketahui Tekanan Angin Ban Mobil yang Tepat (Foto: rcs.co.za)
Ketahui Tekanan Angin Ban Mobil yang Tepat (Foto: rcs.co.za)

Penting bagi pemilik kendaraan untuk selalu menjaga tekanan angin ban mobil dalam ukuran yang tepat. Alasan utamanya karena hal tersebut berhubungan langsung dengan kenyamanan sekaligus keselamatan berkendara.

Masalah yang umum terjadi adalah ban mobil mengalami kekurangan angin. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari mengalami kebocoran atau mobil sudah terlalu lama diam di garasi. Situasi tersebut juga bisa membuat ban mengalami kempis.

Ketika ban mengalami kempis sebaiknya segera tambah tekanan anginnya. Risiko yang bisa diakibatkan dari hal ini ialah kerusakan pada pelek (jika kempis parah) dan mobil menghantam lubang di jalan. Selain itu, handling mobil juga bisa menjadi lebih berat ketika ban mengalami kempis.

Sebaliknya, ketika melakukan pengisian angin pun sebaiknya tidak berlebihan. Ban mobil yang kebanyakan angin pun bisa mengganggu pengalaman berkendara Anda. Misalnya saja setir menjadi terasa bergetar. Belum lagi bantingan mobil menjadi keras sehingga bisa mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Sticker tekanan angin ban mobil

Lantas, berapa tekanan angin ban mobil yang ideal? Tak sulit untuk menentukannya karena setiap produsen mobil telah menaruh informasinya di kendaraan. Anda bisa melihat informasi ini di pintu mobil bagian pengemudi. Biasanya berupa stiker yang ditempel di pilar B mobil. Anda bisa melihatnya ketika pintu mobil dibuka.

Sebagai gambaran, rata-rata tekanan angin yang dianjurkan adalah antara 30-35 psi. Dengan catatan mobil masih menggunakan pelek dan ban yang juga disarankan oleh produsen.

>>> Berencana ganti mobil? Lihat pilihan yang tersedia di CAROLINE.id

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.