Mada Prastya class= Mada Prastya   •   1 bulan lalu

KIA Rio Terbaru Bawa Perubahan Besar di Sektor Mesin

KIA Rio terbaru menggunakan mesin mild hybrid. (Foto: KIA)
KIA Rio terbaru menggunakan mesin mild hybrid. (Foto: KIA)

KIA Rio terbaru telah resmi diperkenalkan untuk pasar global. Tentunya mobil hatchback pesaing Toyota Yaris dan Honda Jazz ini mendapat sejumlah penyegaran. Perubahan paling besar bisa ditemui pada sektor mesinnya. Untuk sementara ini pemasarannya akan terpusat di Eropa.

Dari segi visual, tak banyak yang berubah dari KIA Rio. Walau nampak jelas bagian depannya mendapat revisi dengan penggunaan bumper lebih agresif yang sekaligus menjadi housing untuk lampu kabut.

Untuk fiturnya, kini KIA Rio sudah menggunakan lampu depan LED sebagai standar. Pelek berukuran 16 inci juga dibuat baru untuk menjadikan penampilannya berbeda.

KIA Rio 2020

Masuk ke interior, KIA Rio terbaru kini dilengkapi pusat multimedia berupa layar sentuh berukuran 8 inci yang terletak di konsol tengahnya. Sedangkan, terdapat display digital 4,2 inci yang berfungsi sebagai panel instrumen.

Sebagai daya tarik tambahan, produsen menawarkan trim dengan material menyerupai serat karbon khusus untuk tipe GT-Line.

Di luar semua itu perubahan paling besar yang dimiliki mobil ini adalah mesin yang digunakannya. KIA Rio terbaru menggunakan mesin mild hybrid 1.000 cc yang menggantikan mesin lama, Kappa 1.0 T-Gdi.

Interior KIA Rio terbaru

Mesin yang kini digunakan merupakan kombinasi jantung pacu 3 silinder dengan integrated starter-generator yang berfungsi untuk menekan CO2 hingga 8 persen. Namun demikian tenaga yang dihasilkannya sama saja dengan mesin lama, yaitu antara 100 hp dan 120 hp.

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan yang sudah dilengkapi kontrol elektronik atau yang disebut clutch-by-wire. Sistem transmisi ini dikembangkan secara khusus agar dapat bekerja optimal mendukung kerja mesin mild hybrid. Opsi lainnya adalah transmisi matic 7 kecepatan dual-clutch.

Selain itu tersedia pula pilihan mesin konvensional dengan kapasitas 1.200 cc dengan tenaga tertinggi 84 hp.

>>> Temukan mobil bekas sekelas KIA Rio yang siap Anda bawa pulang

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.