Carol class= Carol   •   4 bulan lalu

Mau Kredit Mobil Bekas? Perhatikan 5 Faktor Ini

Kredit mobil bekas jadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan, namun dengan bujet yang minim. Selain itu, kredit mobil bekas banyak jadi pilihan lantaran proses yang mudah dan juga cenderung lebih meringankan.

Melihat antusiasme yang besar dari masyarakat tersebut membuat penjualan mobil bekas dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk itu, tak jarang para penjajak mobil bekas, baik dealer maupun perorangan menawarkan beragam promo menarik.

Proses pembelian mobil secara kredit biasanya menggunakan jasa leasing maupun finance yang berperan sebagai lembaga pembiayaan. Banyak finance maupun leasing turut menawarkan beragam program menarik.

Oleh sebab itu sebagai debitur masyarakat perlu bersikap selektif dan bijak ketika memutuskan memilih lembaga pembiayaan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi kalian yang ingin kredit mobil bekas, berikut ini Caroline.id bakal memberikan sedikit tips jitu yang mungkin bisa jadi solusi bagi Anda:

1. Pilih mobil yang tepat sebelum kredit mobil bekas

Kredit mobil bekas
Kredit mobil sebaiknya aman dan nyaman, seperti via Caroline.id

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika ingin kredit mobil bekas, Anda perlu menentukan jenis atau tipe mobil yang akan di beli. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, bukan mobil sesuai keinginan.

Pasalnya mobil yang Anda kredit harus disesuaikan dengan batas kemampuan finansial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya seperti kredit macet dan penarikan mobil oleh kreditur.

2. Pilihlah layanan yang tepat dan aman

Sebagai gambaran bagi Anda yang ingin kredit mobil bekas, sebaiknya memilih dealer atau layanan yang sajikan beragam promo menarik yang tentunya aman dan nyaman. Contohnya adalah Caroline.id yang menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin membeli maupun menjual mobil bekas berkualitas.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memilih lembaga pembiayaan yang tepat. Ketika ingin membeli mobil secara diangsur alias kredit, dengan penawaran diskon, potongan harga, dan promo menarik lainnya.

3. Mencari referensi dan perhitungan yang tepat

Kredit mobil bekas dapat menjadi cara memiliki mobil impian. (Foto: Shutterstock)
Carilah referensi sebanyak-banyaknya sebelum membeli mobil bekas secara kredit

Setelah menemukan dealer atau layanan penjualan mobil bekas yang tepat, seperti via Caroline.id yang menawarkan kemudahan dan juga aman terpercaya. Selanjutnya Anda perlu mencari referensi lembaga pembiayaan seperti leasing atau finance lainnya yang mau menanggung kredit Anda.

Pilihlah lembaga pembiayaan atau leasing yang kredibel dan terpercaya. Jangan menggunakan jasa leasing abal-abal karena akan merugikan Anda ke depannya.

Selain itu jangan langsung terpaku pada satu leasing saja, namun Anda bisa membandingkan beberapa leasing sekaligus. Pilihlah yang menawarkan penawaran menarik dan menguntungkan bagi Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan perhitungan yang cermat ketika ingin kredit mobil bekas. Mlai dari perencanaan uang muka maupun jumlah cicilan, sejumlah biaya tambahan yang harus Anda tanggung.

Biaya tambahan yang harus ditanggung seperti biaya provisi, jaminan fidusia, asuransi kendaraan, dan juga biaya pemeliharaan rutin di mana semakin tua mobil bekas yang akan Anda kredit, biaya perawatan dan juga perbaikannya akan semakin mahal.

Umumnya, usia kendaraan yang bisa di kredit maksimal 12 tahun saat cicilannya selesai, sehingga jangan mengambil mobil yang terlalu tua. Supaya kredit bisa disetujui.

Dengan melakukan perhitungan akan membantu Anda mengetahui jumlah pengeluaran yang harus Anda keluarkan saat memiliki mobil nantinya. Tak lupa, jangan sampai cicilan yang Anda harus keluarkan setiap bulannya membuat keuangan keluarga menjadi bermasalah.

Tak ada salahnya jika Anda membuat simulasi kredit untuk menghitung besaran biaya yang harus dikeluarkan.

4. Perhatikan suku bunga dan jangka waktu cicilan

Ketika ingin mengajukan kredit mobil bekas, sebaiknya Anda mempertimbangkan berapa suku bunga yang diberlakukan oleh lembaga pembiayaan. Semakin besar suku bunganya maka semakin besar cicilan yang harus Anda tanggung.

Suku bunga ini sangat mempengaruhi nilai cicilan bulanan yang harus Anda tanggung. Selain itu Anda juga perlu perhatikan jangka waktu atau tenornya.

Semakin cepat jangka waktunya maka semakin besar jumlah cicilan yang harus Anda tanggung namun semakin lama jangka waktunya jumlah cicilannya semakin ringan.

5. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan

Persyaratan untuk kredit mobil untuk individu dan perusahaan berbeda, lho! (Foto: Stock)
Siapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk proses kredit

Supaya proses kredit pembelian mobil bekas Anda disetujui, Anda perlu melengkapi persyaratannya. Setiap leasing atau finance memiliki syarat yang berbeda-beda sehingga Anda harus menanyakan syarat-syaratnya terlebih dahulu.

Syarat umum yang harus Anda lengkapi berupa fotokopi KTP dan menunjukkan yang asli, fotokopi KK, fotokopi rekening koran, fotokopi slip gaji, fotokopi bukti pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Well.. Gimana sekarang sudah tahukan apa saja yang Anda perlu lakukan sebelum kredit mobil bekas? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Carol class=

Carol   •   administrator