Oline class= Oline   •   9 bulan lalu

Bingung Memilih Lebih Baik Mana Beli Mobil Bekas atau Baru? Yuk Simak Beberapa Tips Berikut Ini!

Bingung Memilih Lebih Baik Mana Beli Mobil Bekas atau Baru? Yuk Simak Beberapa Tips Ini!
Bingung Memilih Lebih Baik Mana Beli Mobil Bekas atau Baru? Yuk Simak Beberapa Tips Ini!

Mahir berkendara tapi tidak memiliki mobil? Atau Anda sudah lama menabung untuk membeli mobil impian Anda? Umumnya, ketika seseorang sudah mahir maka ia akan merasa bahwa mobil adalah sebuah kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada beberapa pertimbangan yang harus diketahui apalagi bila Anda adalah seorang pemula. Apakah Anda harus membeli mobil baru atau bekas? Dan apa saja tips-tips yang mesti Anda ketahui sebelum memilih mana yang lebih tepat diantara keduanya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Harga vs Budget

harga vs budget

Harga adalah hal paling penting pertama yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli sebuah mobil. Terjangkau atau tidak dengan budget Anda. Sebagai informasi, harga mobil baru dan mobil bekas memiliki selisih yang lumayan besar. Bila kredit, DP yang dibayar untuk sebuah mobil baru sekitar 30% dari harga mobil itu sendiri sementara mobil bekas lebih fleksibel. Oleh karena itu, pilihlah bank atau perusahaan leasing besar yang fleksibel dengan bunga yang cukup rendah. Menurut Bank Indonesia, cicilan tidak boleh lebih dari 30 persen penghasilan tiap bulan agar keuangan Anda tetap aman. Di Caroline.id, Anda juga dapat membeli mobil dengan DP minimal hingga 0%. So, cash atau kredit? Putuskan dengan bijak ya!

Garansi Mobil Baru vs Mobil Bekas

Garansi Mobil Baru vs Mobil Bekas

Mobil baru memiliki garansi resmi dan gratis service sedangkan mobil bekas tidak. Mobil baru tentunya datang dengan kondisi prima karena tidak pernah dipakai. Sementara itu untuk mobil bekas, Anda harus benar-benar jeli memeriksa riwayatnya, begitu pula dengan kondisinya. Jangan sampai Anda menyesal setelah membeli ya! Namun, jika Anda membeli mobil di Caroline.id, Anda tidak perlu ragu karena Caroline menyediakan buyback warranty mesin selama 1 bulan, lho!

Fitur Mobil Baru vs Mobil Bekas

Fitur Mobil

Mobil baru memiliki fitur keluaran pabrik yang itu-itu saja. Oleh karena itu, jikalau Anda ingin memodifikasi mobil dengan menambah aksesoris atau spare part-nya, maka akan ada biaya baru yang keluar. Sebaliknya untuk mobil bekas, apabila Anda beruntung maka akan ada fitur tambahan seperti audio system dan velg bekas pemilik terdahulunya yang bisa jadi lebih bagus dari bawaan pabriknya.

(Baca juga: Caroline Sebagai Tempat yang Aman dan Terpercaya untuk Membeli Mobil Bekas)

Cek Dokumen

Jika Anda harus menunggu lama agar dokumen-dokumen resmi mobil baru lengkap, maka saat membeli mobil bekas Anda sudah mendapatkan semuanya. Namun lagi-lagi Anda harus benar-benar jeli dan teliti. Pastikan BPKB, STNK, lembar pajak, faktur pembelian hingga kuitansi pembeliannya lengkap. Kalau tidak, sebaiknya urungkan saja niat Anda untuk membelinya. Dengan membeli mobil di Caroline.id, tim Caroline juga akan membantu seluruh urusan dokumentasi sampai selesai.

Perhatikan PPnBM dan Pajak Tahunannya

Cek PPnBM dan Pajak Tahunannya

PPnBM atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan pajak tahunan merupakan hal paling penting lain yang tidak bisa Anda anggap remeh. Banyak kasus bahwa mobil dengan merek dan harga yang sama memiliki pajak yang jauh berbeda. Jadi ketahui lebih dalam berapa PPnBM dan pajak tahunannya untuk setiap pilihan mobil yang Anda incar!

Test Drive

test drive

Test drive merupakan hal penting lainnya agar Anda bisa langsung tahu apakah mobil tersebut sesuai dengan harapan atau tidak. Melalui test drive, Anda dapat mencoba secara langsung dan merasakan kelebihan dan kekurangan dari fitur-fitur mobil yang Anda incar tersebut. Jadi, jangan sungkan untuk meminta test drive dengan pihak penjualnya, ya!

Demikianlah beberapa tips yang seharusnya Anda ketahui. Apapun pilihan Anda, pastikan sudah memikirkannya dalam-dalam. Pertimbangkan dari segala sisi mulai dari kebutuhan, harga, biaya perawatan, kondisi mesin hingga keadaan keuangan Anda. Jangan sampai membeli mobil menjadi sebuah beban jangka panjang bagi hidup Anda.

Oline class=

Oline   •   administrator