admin class= admin   •   3 bulan lalu

Lelang Mobil Jadi Cara Menarik Beli Mobil Bekas

Tertatik untuk ikut lelang mobil? Yuk, cari tahu caranya di bawah ini. (Foto: Stock)
Tertatik untuk ikut lelang mobil? Yuk, cari tahu caranya di bawah ini. (Foto: Stock)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membeli mobil bekas. Pertama, membelinya dari pengguna langsung, melalui dealer, atau bahkan mengikuti lelang mobil. Namun, untuk cara yang terakhir sepertinya masih jarang dilakukan. 

Pembelian unit melalui lelang mobil tidak kalah berkualitas dengan pembelian melalui cara lain yang lebih populer. Tak dapat dipungkiri kalau masih ada yang berpikir bahwa lelang mobil memiliki stigma negatif dengan konteks mobil bermasalah. Namun, tidak sepenuhnya seperti itu. Meski demikian, rupanya ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika membeli mobil dengan cara lelang.

Salah satu keuntungan yang didapatkan antara lain, adalah calon pembeli dapat melihat mobil yang akan dibeli melalui sistem online. Spesifikasi dan kondisi mobil bisa dilihat dan dipantau secara transparan melalui website lelang tersebut. Tapi, sebagai calon pembeli juga perlu melakukan seleksi untuk pada beberapa mobil untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. 

Untuk menyeleksi beberapa mobil pilihan, perlu juga untuk mencatat grade, kekurangan dan kelebihan. Dengan demikian, diperlukan mobil pembanding untuk melihat yang terbaik. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan kisaran biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki kondisi mobil yang dibeli. Perihal estimasi biaya yang perlu dikeluarkan juga bisa diketahui berdasarkan informasi yang didapatkan di beberapa forum komunitas otomotif atau teman yang paham tentang otomotif.

Lalu, perihal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengikuti lelang mobil bekas? Berikut adalah prosedur untuk mengikuti lelang mobil bekas yang bisa dilakukan :

1. Pilih mobil impian dan cek kondisi

Hal pertama yang dilakukan ketika mengikutinya adalah dengan mencari mobil impian yang ingin dibeli. Pilih mobil sesuai dengan merek, jenis dan tipe mobil yang diincar. Ketika sudah menemukannya, sebelum menentukan penawaran harga, Anda bisa mengecek kondisi mobil tersebut. Mulai dari eksterior hingga interior dan mesin mobil. 

Jangan sampai, Anda baru menyadari kondisi mobil setelah melakukan lelang mobil dan mendapatkannya. Bukan untung yang didapat, melainkan rugi yang didapatkan. Karena, Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki kondisi mobil supaya bisa digunakan seperti sedia kala. 

2. Cari tahu jadwal lelang

Mencari tahu jadwal lelang menjadi salah satu bagian yang penting untuk menemukan lelang mobil impian dan harga yang sesuai harapan. Penting untuk mengetahui jadwal pelelangan, karena waktunya tidak setiap hari dilakukan layaknya penjualan di sebuah dealer mobil. Maka, jika Anda ingin mendapatkan mobil impian hasil pelelangan, baiknya sering mengecek jadwal pelelangan mobil melalui social media atau Google.

3. Daftar lelang

Ketika sudah menemukan jadwal lelang mobil, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi kelengkapan data berupa identitas diri dan uang jaminan sebagai tanda keikutsertaan. Setelah mengikuti tahapan tersebut, Anda bisa mengikuti proses pelelangan sesuai jadwal lelang. Pelelangan yang berlangsung akan dipandu oleh juru lelang yang akan membantu peserta dalam penawaran harga. Juri tersebut juga akan menentukan pemenang. 

4. Uang jaminan 

Uang jaminan yang diberikan ke balai lelang ini merupakan deposit selama pelelangan berlangsung. Jumlah nominal uang jaminan tergantung pada masing-masing balai lelang. Uang tersebut akan dipotong apabila Anda memenangkan pelelangan. Jika kalah, uang jaminan tersebut akan dikembalikan ke peserta. 

Pelelangan mobil saat ini sudah mengikuti perkembangan teknologi dengan melakukan secara online. Untuk prosedur pelelangan secara online umumnya tak jauh berbeda dengan prosedur pelelangan secara langsung. Bedanya, Anda tidak perlu datang ke lokasi balai pelelangan. Cukup mengandalkan akses internet. Gimana, berminat untuk mencari mobil impian melalui lelang mobil?

Jangan lupa kunjungi halaman Beli Mobil CAROLINE.id untuk melihat mobil pilihan yang bisa Anda miliki langsung.

>>> Lihat mobil di CAROLINE.id sekarang!

Penulis: Anita Nur Fitriany

admin class=

admin   •   administrator