olga class= olga   •   7 bulan lalu

Mencegah Mobil Overheat, Masalah yang Rentan Dialami Mobil Bekas

mencegah mobil overheat
mencegah mobil overheat

Mencegah mobil overheat sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, overheat adalah masalah yang rentan terjadi, terlebih pada mobil bekas. Jika tak dicegah dan terjadi saat mobil sedang melaju di jalan, masalah ini dapat membahayakan pengemudi, penumpang, maupun orang atau pengendara lain yang berada di sekitar kendaraan. Mobil yang mengalami overheat atau mesin terlalu panas bisa terbakar secara mendadak.

Overheat atau naiknya suhu mesin terjadi tentu bukan tanpa sebab. Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi atau membuat mobil rentan mengalami overheat. Namun, tentunya faktor-faktor ini masih bisa dikontrol atau dicegah. Oleh karena itu, jika ingin menimalkan risiko, Anda sebaiknya mengetahui dan menerapkan kiat-kiat mencegah mobil overheat berikut.

Mencegah Mobil Overheat dengan Ganti Air Radiator Secara Berkala

mencegah mobil overheat
Sumber: holtsauto.com

Setelah sekian kali pemakaian, seiring waktu, kualitas dan volume air radiator akan mengalami penurunan. Hal ini dapat menghambat kinerja radiator sehingga rentan terjadi kenaikan suhu atau overheat pada mesin. Oleh karena itu, cara paling mudah untuk mencegah mobil overheat adalah mengganti air radiator secara berkala. Dengan rutin mengganti air radiator, suhu mesin bisa lebih terjaga agar tetap optimal.

Menurut anjuran, mengganti air radiator sebaiknya dilakukan setidaknya setiap enam bulan atau paling lama setahun sekali. Jangka waktu ini kira-kira setara dengan setiap mobil telah menempuh jarak dua puluh ribu kilometer. Khusus untuk mobil bekas, penggantian air radiator juga bisa dilakukan sekaligus dengan pemberian radiator flush. Radiator flush dapat membantu merontokkan kotoran, seperti kerak dan lumut, yang menumpuk atau menyumbat saluran air radiator. Kalau mau lebih baik, Anda pun dapat memilih air radiator yang menggandung cairan antikarat.

Periksa Kipas Pendingin Radiator Sebelum Berkendara untuk Mencegah Mobil Overheat

Kipas pendingin berfungsi untuk mengalirkan udara melalui kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil sedang berhenti. Udara dingin disedot dari luar agar dapat menormalkan suhu mesin. Oleh sebab itu, kipas pendingin radiator wajib berada dalam kondisi normal atau dapat bekerja dengan baik. Jika tidak, suhu mobil bisa meningkat drastis dan akhirnya terjadi overheat.

Ada tiga tanda kipas pendingin radiator yang kondisinya baik dan dapat bekerja dengan normal. Pertama, bagian fanbelt tidak kendur atau putus. Kedua, kabel atau sekring dari dinamo yang menggerakkan kipas masih terhubung atau tersambung dengan baik. Terakhir, penempatan atau pemasangan kipas tidak terbalik. Jika ada salah satu tanda yang tidak terpenuhi, segeralah perbaiki atau ganti kipas pendingin radiator Anda.

Mencegah Mobil Overheat dengan Gunakan Oli Berkualitas Baik

mencegah mobil overheat

Penyebab lain dari overheat adalah terjadinya gesekan kuat karena mesin tidak terlumasi oleh oli dengan baik. Untuk mencegah timbulnya overheat karena hal ini, pakailah oli yang berkualitas baik. Jika Anda hanya asal memilih oli, bisa jadi oli tersebut tidak bekerja dengan optimal atau tidak tahan panas sehingga cepat menguap dan hilang. Pastikan juga bahwa mobil Anda tidak mengalami kebocoran oli, ya!

Isi Mobil dengan Bahan Bakar yang Sesuai

isi dengan bahan bakar yang sesuai

Bahan bakar minyak (BBM) memang terdiri dari beragam jenis. Namun, bukan berarti jenis-jenis ini bebas untuk dipilih semau pengendara. Setiap jenis punya kadar atau kandungan oktan yang berbeda. Perhatikanlah kapasitas mobil dan pilih jenis BBM yang kadar oktannya pas (tidak terlalu lebih dan tidak terlalu kurang) dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Jangan asal menggunakan BBM, apalagi hanya karena pertimbangan harga. BBM yang tidak tepat justru dapat merusak mobil. Mesin bisa mengalami knocking dan berpotensi overheat bila dibiarkan terus menerus. Jika sudah begini, alih-alih hemat, Anda malah harus menanggung kerugian yang lebih besar. Berkendara jadi tak aman, sementara mesin mobil pasti rusak dan butuh biaya perbaikan yang besar.

Ganti Thermostat dengan yang Baru

mencegah mobil overheat
Sumber: gridoto.com

Thermostat adalah alat pengukur suhu di dalam mesin mobil. Kerja Thermostat sangat berhubungan dengan sistem kerja radiator. Jika suhu mesin terdeteksi rendah, Thermostat akan mengatur dan menjaga agar air tetap berada di dalam radiator. Sebaliknya, jika suhu mesin terdeteksi tinggi atau panas, Thermostat akan mengatur agar air radiator bisa masuk ke dalam mesin dan mendinginkan suhunya.

Alat ini harus dipastikan berfungsi dengan normal. Bila muncul tanda-tanda kerusakan, seperti mesin mobil mudah panas, gantilah Thermostat lama dengan yang baru. Jangan sampai sistem sirkulasi air pendingin terganggu sehingga membuat suhu mesin mudah kacau. Apabila sudah kacau, ketika suhu mesin panas, panasnya bisa semakin naik dan lama-lama menyebabkan overheat.

Beli Mobil Bekas Berkualitas Hanya di CAROLINE.id

Untuk mencegah mobil rentan mengalami overheat, pastikan Anda membeli mobil bekas yang kondisinya terjamin dan bebas masalah. Jika ingin membawa pulang mobil bekas yang berkualitas, CAROLINE.id adalah pilihan platform jual beli mobil online yang tepat.

Baca Juga: Jual Beli Mobil Online, Perhatikan Hal-Hal Ini Agar Anda Memilih Platform yang Tepat!

Membeli mobil bekas ataupun tukar tambah mobil di CAROLINE.id dijamin aman karena adanya transparansi layanan. Anda bisa mengakses langsung dokumen hasil inspeksi atau penilaian terhadap kendaraan lewat CAROLINE.id. Foto-foto kendaraan sebagai bukti juga disediakan dengan lengkap. Dengan dokumen-dokumen tersebut, Anda bisa mengetahui kelayakan atau kondisi kendaraan yang sesungguhnya. Bila tak yakin dan ingin menyurvei kendaraan secara langsung, Anda pun bisa mengunjungi titik-titik lokasi Inspection Center CAROLINE.id. Ada buyback warranty mesin yang nantinya juga bisa Anda klaimkan jika kondisi mobil yang sudah dibeli ternyata tak sesuai hasil inspeksi yang tercantum di dokumen penilaian. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kerugian karena pasti mendapatkan mobil bekas yang kondisinya sesuai atau sepadan dengan harga beli.

Baca Juga: Mobil Bekas Curian, Ini Cirinya. Hati-Hati dan Perhatikan Sebelum Membeli!

Jika tertarik membeli mobil bekas di CAROLINE.id, Anda juga bisa menikmati layanan kredit kendaraan yang mudah dan menguntungkan. Di CAROLINE.id tersedia pilihan metode pembayaran kredit dengan uang muka ringan, bahkan hingga nol persen. Tenang! Tim profesional CAROLINE.id siap untuk membantu prosesnya, mulai dari tahap simulasi kredit hingga tahap pengajuan berkas.

Baca Juga: Kredit Mobil Bekas di CAROLINE.id Lebih Mudah!

Yuk, beli mobil bekas di CAROLINE.id dan nikmati seluruh layanan serta kemudahannya dengan GRATIS tanpa biaya tambahan!

olga class=

olga   •   administrator

Carol adalah perempuan dengan minat dan ketertarikan tinggi terhadap dunia otomotif. Di waktu luangnya, Carol senang mengamati dan menghimpun informasi tentang tren-tren mobil terkini.