admin class= admin   •   3 bulan lalu

Mengecas HP di Mobil Aman dengan Cara Ini

Ilustrasi Mengecas HP di Mobil (Foto: Stock Photo)
Ilustrasi Mengecas HP di Mobil (Foto: Stock Photo)

Baterai handphone saat ini menjadi sudah menjadi kebutuhan bagi kita semua. Saat mengalami low battery, pasti kita langsung mencari sumber daya listrik untuk mengisi baterai. Tak terkecuali saat berada di dalam mobil, Anda akan menghubungkan kabel USB (Universal Serial Bus) ke soket yang ada di dashboard. Dalam melakukannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mengecas HP di mobil aman.

Umumnya, sebagian orang yang mengisi baterai di dalam mobil melakukannya melalui soket pemantik api. Ada anggapan listrik yang dihasilkan cenderung tidak stabil. Penggunaan power output terhadap pengisian baterai handphone berpotensi merusak aki jika berlebihan. Tak hanya aki mobil, baterai handphone pun akan rusak, parahnya bisa sampai meledak.

Bagaimana tidak? Daya listrik yang mengalir ke handphone melalui pemantik rokok adalah hingga 10 ampere. Sedangkan, umumnya daya yang listrik pengisian baterai handphone adalah 1 hingga 5 ampere. Jadi, ini bisa dua kali lipat dari pengisian daya pada umumnya. Maka, tak heran jika bisa menyebabkan kebocoran pada baterai handphone, bahkan bisa saja meledak.

Selain itu, jika terlalu sering menggunakan power output (lighter) dengan charger yang kualitasnya tidak bagus dapat terjadi kerusakan pada fuse. Apalagi jika kualitas aki sudah tidak bagus, tentu bisa merusak fuse dan handphone.

Meski demikian, melihat adanya hal tersebut bukan berarti Anda tidak boleh mengisi baterai handphone di dalam mobil, melainkan bisa dilakukan selagi sistem kelistrikan mobil terawat dengan baik, hal tersebut tidak akan terjadi. Tapi, ada baiknya untuk tidak menjadikan hal ini sebagai rutinitas.

Tips aman mengecas HP di mobil:

  1. Hindari handphone Anda dari beberapa barang yang mudah terbakar, seperti tisu, kertas, dan sebagainya.
  2. Gunakan lightning cable original atau merk lain dengan kualitas bagus.
  3. Cabut kabel charger apabila handphone mulai panas.
  4. Jauhkan dari sinar matahari yang terlalu terik atau sumber panas lainnya.
  5. Jangan gunakan untuk aktivitas lainnya, seperti sosmed secara berlebihan atau menerima telepon.

Kelihatannya memang sederhana, namun hal ini bisa menjadi berbahaya apabila digunakan secara berlebihan. Maka dari itu, perlu adanya antisipasi dan upaya pencegahan agar tidak terjadi kerusakan pada handphone dan aki mobil Anda. 

Penulis: Anita Nur Fitriany

Banner Jual Mobil Caroline
admin class=

admin   •   administrator