olga class= olga   •   10 bulan lalu

Menghilangkan Bau di Mobil Bisa Cegah Turunnya Harga Jual Kembali. Begini Tipsnya!

Menghilangkan Bau di Mobil
Menghilangkan Bau di Mobil

Menghilangkan bau di mobil perlu dilakukan jika Anda sebagai pengendara atau penumpang sudah sering terganggu dan merasa tidak nyaman dengan aroma yang merebak di dalam kabin. Aroma tidak sedap bisa timbul karena adanya bau yang mengendap. Bau ini bisa berasal dari berbagai penyebab atau sumber,seperti asap rokok, bensin, bekas makanan, sisa keringat, pakaian atau sepatu yang disimpan terlalu lama di dalam mobil, maupun bahan kimia dari material penyusun interior dan aksesoris mobil.

Tidak hanya menambah kenyamanan, menghilangkan bau di mobil juga sebenarnya bermanfaat untuk mempertahankan kondisi kendaraan agar tetap baik dan optimal. Ingat bahwa kondisi kendaraan, termasuk kondisi interior, merupakan aspek yang turut mempengaruhi harga jual. Anda harus memastikan kabin mobil tidak bau agar mobil tidak ditawar dengan harga rendah ketika hendak dijual lagi. Jika tak ada aroma yang mengganggu dan mengurangi nilai kendaraan, besar peluang Anda untuk mendapat keuntungan yang lebih maksimal.

Sebagai langkah atau penanganan pertama menghilangkan bau di mobil, umumnya Anda akan membuka jendela atau pintu, menyalakan air conditioner (AC), dan memasang atau menyemprotkan pewangi mobil. Namun, cara yang cuma seperti itu saja tak selalu berhasil membuat udara di kabin mobil kembali segar. Aroma tak sedap masih bisa muncul kembali. Nah, untuk menghilangkan bau di mobil secara permanen, berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Aroma tak sedap pasti bisa enyah!

Menghilangkan Bau di Mobil Harus Diawali dengan Mencari & Membersihkan Sumber Bau

menghilangkan bau di mobil
Sumber: auto.ndtv.com

Untuk dapat menghilangkan bau di mobil, Anda tentu harus mulai dari penyebabnya. Carilah sumber atau asal dari aroma tidak sedap yang muncul. Apakah itu dari sesuatu yang ada di karpet, dashboard, atau tempat penyimpanan seperti door pocket. Jika sumber aroma tidak sedap sudah ketemu, bersihkanlah dulu bagian tersebut. Keluarkan semua barang yang diduga atau berpotensi mengeluarkan bau dan hilangkan bekas atau nodanya dengan cara yang sesuai.

Untuk area alas atau karpet mobil, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran dan debu yang tertinggal. Selain itu, keluarkan karpet untuk dicuci serta disikat menggunakan sabun (sebaiknya sabun batangan) dan air hangat, khususnya apabila sumber bau meninggalkan noda. Jangan lupa untuk menjemurnya dulu hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari sebelum dipasang kembali.

Untuk area jok atau langit-langit, selain menggunakan vacuum cleaner, Anda juga bisa menggunakan kuas yang sebelumya telah dicelupkan pada cairan sabun pembersih. Ratakan dan sikat secara halus menggunakan handuk atau spons, lalu keringkan dengan kain perca.

Untuk area seatbelt, caranya tarik dulu sabuk keselamatan hingga mentok dan pelintir sabuk beberapa kali. Setelahnya, gunakan cara yang sama seperti cara untuk membersihkan area jok atau langit-langit, yakni oles carian pembersih dengan kuas, ratakan dengan spons, dan keringkan dengan kain perca.

Setelah membersihkan sumber bau, Anda juga bisa memeriksa kembali seluruh area kabin. Periksa bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti selipan jok mobil, untuk memastikan tidak ada sumber bau lainnya yang tertinggal. Buanglah sampah jika Anda masih menemukannya di dalam mobil. Periksa juga bagian pendingin mobil. Bisa jadi penyaring udara di bagian tersebut juga harus dibersihkan. Bawalah ke ahlinya jika memang Anda tak bisa melakukannya sendiri.

Taburkan Bubuk Kopi atau Baking Soda untuk Menghilangkan Bau di Mobil

menghilangkan bau di mobil
Sumber: rd.com

Menghilangkan bau di mobil hanya dengan menggunakan pewangi atau pengharum mobil tidak efektif karena terbuat dari bahan kimia. Jika bahan yang mengeluarkan aroma wangi sudah habis, bau tidak sedap masih bisa tercium lagi. Selain itu, penggunaan pewangi kimiawi justru dapat membuat bau di mobil semakin parah karena aromanya saling bercampur dan menjadi tidak karuan. Sebaiknya akan lebih tepat jika Anda menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau di mobil.

Salah satu bahan alami yang terkenal sebagai solusi untuk menetralkan dan menyegarkan udara kembali adalah kopi. Anda bisa memanfaatkan kopi yang masih berbentuk biji ataupun yang sudah berbentuk bubuk (gunakan yang kopi murni dan tidak mengandung gula). Letakkan wadah (bisa juga berupa kaus kaki atau kain tipis) berisi biji atau bubuk kopi di kabin mobil, khususnya area sumber bau, selama kurang lebih satu minggu. Aroma tidak sedap akan terserap dan berangsur-angsur lenyap.

Jika Anda merasa sayang menggunakan kopi untuk menghilangkan bau di mobil, ada alternatifnya. Anda bisa menggunakan baking soda untuk ditabur di kabin, khususnya area sumber bau. Diamkan selama semalaman, lalu jangan lupa sedot bekas taburannya dengan vacuum cleaner keesokan hari. Praktis, murah, dan ampuh!

Buka Kaca Mobil Selama 24 Jam

menghilangkan bau di mobil
Sumber: ifixit.com

Selama meletakkan biji atau bubuk kopi maupun menaburkan baking soda di dalam kabin, Anda juga bisa sembari membiarkan kaca jendela mobil sedikit terbuka selama 24 jam. Dengan cara ini, sirkulasi udara dalam mobil bisa lebih terjaga karena udara yang lama akan digantikan dengan udara baru. Namun, pastikan Anda telah memarkir mobil di tempat yang aman ya!

Lebih Maksimal dalam Menghilangkan Bau di Mobil dengan Semprotkan Cuka Apel

semprotkan cuka apel
Sumber: end-of-tenancy.london.co.uk

Untuk memaksimalkan hasil, Anda boleh menyemprotkan cuka apel ke dalam kabin mobil, khususnya area sumber bau. Cuka apel juga dipercaya dapat menghilangkan aroma tak sedap dan menetralkan udara. Semprotkan secukupnya, ya!

Jual Mobil Lebih Untung dengan Sistem Penawaran di CAROLINE.id. Pasti Terjual dengan Harga Terbaik!

Kalau bau tidak sedap sudah hilang dan kondisi kabin mobil kembali nyaman, berkendara pasti jadi lebih menyenangkan. Jika hendak dijual kembali, mobil Anda pun sudah dalam kondisi prima. Anda pasti bisa meraih untung, terlebih jika menjualnya di CAROLINE.id!

Baca Juga: Jual Beli Mobil Online, Perhatikan Hal-Hal Ini Agar Anda Memilih Platform yang Tepat!

CAROLINE.id merupakan platform jual beli mobil bekas online yang menerapkan sistem penawaran harga terbaik. Dengan sistem ini, Anda akan menemukan pembeli yang paling potensial dan mendapatkan keuntungan yang paling optimal. Bagaimana cara kerjanya?

Setelah mobil Anda diinspeksi oleh tim inspektor yang profesional, CAROLINE.id akan menetapkan harga rekomendasi yang sesuai dengan hasil penilaian terhadap kendaraan. Penentuan harga rekomendasi ini tentunya dilakukan secara transparan karena mengacu dokumen hasil inspeksi dan grading kendaraan yang juga bisa diakses secara mandiri melalui situs CAROLINE.id. Sebagai penjual, Anda juga akan dimintai kesepakatan atau persetujuan. Harga pembuka tidak akan semata-mata ditentukan sendiri oleh CAROLINE.id secara sepihak. Pada akhirnya, keputusan harga jual tetap berasal dari pemilik kendaran.

Baca Juga: Jual Mobil Bekas dengan Sistem Penawaran Harga Lebih Untung. Bagaimana Caranya?

Selain dijamin mobil dapat laku dengan harga terbaik, masih banyak keuntungan lain jika Anda menjual mobil bekas di CAROLINE.id. Anda dapat menikmati layanan lengkap yang akan memudahkan proses jual beli mobil bekas sehingga Anda tak perlu repot dan pusing menanganinya sendiri.

Pertama, Anda dapat memanfaatkan layanan titip jual yang disediakan secara gratis oleh CAROLINE.id. Tak perlu khawatir soal keamanan karena lokasi titip jual dijaga selama 24 jam. CAROLINE.id pun menyediakan asuransi bagi mobil yang dititipkan.

Kedua, tim profesional CAROLINE.id akan membantu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk transaksi jual beli mobil. Jika ada surat-surat kendaraan yang belum lengkap, tim CAROLINE.id akan membantu mengurusnya. Tak hanya itu, CAROLINE.id pun menjamin jika proses transaksi pelunasan akan selesai dalam waktu 1 x 24 jam setelah mobil mendapat pembeli.

Baca Juga: Biaya Jual Mobil Ini Sering Tak Disadari. CAROLINE.id Punya Solusinya!

Ingin mencoba dan merasakan sendiri keuntungannya? Yuk, segera jual mobil bekas Anda di CAROLINE.id!

olga class=

olga   •   administrator

Carol adalah perempuan dengan minat dan ketertarikan tinggi terhadap dunia otomotif. Di waktu luangnya, Carol senang mengamati dan menghimpun informasi tentang tren-tren mobil terkini.