admin class= admin   •   5 bulan lalu

Minat Beli Mobil Tua? Perhatikan Dulu Hal Ini

Beli mobil tua bisa jadi hobi yang menyasyikkan. (Foto: Pexels.com)
Beli mobil tua bisa jadi hobi yang menyasyikkan. (Foto: Pexels.com)

Perkembangan zaman membuat keberadaan teknologi yang semakin maju yang diaplikasikan ke berbagai sektor, salah satunya dalam dunia otomotif. Tidak sedikit inovasi yang diterapkan dengan menggunakan teknologi untuk mobil keluaran terbaru. Meski demikian, rupanya mobil tua belum kehilangan penggemarnya. Bicara soal mobil tua, tak jarang peminat yang ingin membeli atau merawat mobil tua yang antik dan unik. Anda termasuk salah satunya? Jika iya, perhatikan dulu beberapa poin ini sebelum memutuskan beli mobil tua.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil tua, artinya akan ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan. Memiliki mobil tua bukanlah perkara mudah untuk merawatnya. Pemilik mobil harus lebih peka dan mengerti terhadap keberadaan mesin dan spare part lainnya.

>>> Baca juga: Jarang Disadari, Ketahui Tanda Perlu Ganti Mobil

1. Perhatikan harga beli

Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu mobil yang diinginkan, Anda bisa melakukan pencarian harga pasar. Ketika menemukan mobil yang diinginkan dengan harga yang sesuai budget, silakan masukkan ke dalam daftar. Soal budget, ada baiknya untuk menyiapkan anggaran realistis guna membeli mobil tua yang diinginkan. Sebisa mungkin pilihlah mobil yang sesuai dengan anggaran atau tidak lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan. Harus diakui bahwa harga pasaran untuk mobil tua memang sulit ditebak. Maka itu Anda wajib menentukan anggaran sebagai batasan.

2. Cek spesifikasi

Mengecek spesifikasi mobil ini menjadi elemen dasar yang tidak bisa dilewatkan ketika membeli mobil baru, maupun bekas. Karena, Anda sebagai pembeli harus mengetahui kondisi kendaraan yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerugian karena harus mengeluarkan biaya lebih untuk service ke bengkel. Tidak ada salahnya untuk mengajukan pertanyaan selengkap mungkin kepada pemilik mobil terkait mesin (karburator, knalpot, pintu dan kap mesin, AC), interior, hingga body.

Beli mobil tua BMW

3. Kelengkapan surat

Mesin, interior dan body mobil memang penting untuk diperhatikan dalam memilih mobil tua, namun jangan lupa dengan kelengkapan surat mobil yang ingin dibeli. Pastikan surat-surat lengkap, seperti STNK, BPKB dan sebagainya. Hal ini penting untuk diketahui guna memastikan bahwa mobil yang Anda beli bukanlah mobil curian atau mobil ‘bodong’. Pengecekan mobil tua memang terbilang tidak mudah. Beda cerita dengan membeli mobil bekas dengan tahun produksi baru, mungkin tidak lebih repot untuk melakukan pengecekan secara detail.

4. Cek orisinalitas

Bagian ini biasanya akan memengaruhi harga unit mobil. Apabila mobil tua yang akan dibeli masih menggunakan spare part original dan masih berfungsi dengan baik, maka tak heran jika mobil tua dijual dengan harga yang tinggi. Jika Anda menemukan mobil tua dengan harga yang murah, Anda patut mempertanyakan terkait kondisi mobil tua tersebut. Cek dengan detail agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Jika dalam waktu dekat ini Anda ingin beli mobil tua, pastikan untuk memperhatikan keempat elemen tersebut. Apabila Anda tidak mengerti tentang mesin, Anda bisa mencari mobil di beberapa situs jual beli mobil terpercaya yang memiliki fasilitas inspeksi.

Banner Jual Mobil Caroline

Penulis: Anita Nur Fitriany

admin class=

admin   •   administrator