Mada Prastya class= Mada Prastya   •   4 bulan lalu

Mobil Bekas Murah 2019: Daihatsu Ayla 1.2 X

Daihatsu Ayla, salah satu pilihan mobil bekas murah 2019. (Foto: CAROLINE.id)
Daihatsu Ayla, salah satu pilihan mobil bekas murah 2019. (Foto: CAROLINE.id)

Bagi konsumen yang mencari mobil bekas murah 2019 dari kategori city car, mungkin bisa melirik Daihatsu Ayla X 1.2. Untuk mengetahui kelebihannya, CAROLINE.id akan mengajak Anda mengenalnya lebih dekat.

Bicara mobil LCGC (Low Cost Green Car), Daihatsu memiliki sejumlah model yang ditawarkan, salah satunya adalah Ayla. Dilengkapi dengan kapasitas bangku 5-seater dan body yang ringkas, mobil ini menyasar kalangan konsumen yang butuh kendaraan dengan kemampuan manuver cukup baik.

Misalnya, mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Dimensi body yang ringkas dari mobil ini akan sangat mudah diajak melintas di padatnya jalan raya.

Untuk diketahui, saat ini Daihatsu Ayla tersedia dalam dua pilihan mesin, yang pertama adalah mesin tiga silinder 998 cc (1KR-DE). Ada banyak pilihan tipe yang tersedia untuk mesin ini, mulai dari D, D+, M, dan X. Tipe M dan tipe X memiliki pilihan transmisi matik ataupun matik. Sementara sisanya hanya manual.

Di luar itu, Daihatsu Ayla juga tersedia dalam pilihan mesin yang lebih besar, yaitu mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.197 cc (3NR-VE) yang juga sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-i. Tersedia dalam pilihan type X dan R, mesin ini juga dipasangkan dengan transmisi matik ataupun manual.

Di atas kertas, Ayla bermesin 1.200 cc tentunya lebih unggul dibanding tipe lainnya. Tenaganya saja mencapai 88 ps. Jauh lebih besar dibanding mesin 998 yang punya tenaga 65 ps. Dengan unggulan teknis tersebut, wajar jika model ini Anda lirik.

Mobil Bekas Murah 2019 Daihatsu Ayla 1.2 X Belakang

>>> Temukan mobil ini di halaman Beli Mobil CAROLINE.id

Eskterior

Mobil ini sangat ringkas, bahkan tinggi bodinya saja hanya sekitar 1,5 meter. Sedangkan, untuk tipe 1.2 X yang sedang kita bahas memiliki penampilan secara keseluruhan yang terlihat sporty. Eksteriornya sudah dilengkapi beberapa komponen tambahan, seperti side stone guard atau spoiler di bagian belakang.

Paling penting lagi, lampu depan sudah menggunakan proyektor LED. Tampilannya jadi terlihat modern dan mengikuti zaman. Sementara itu, kaki-kakinya dikawal pelek dengan desain lebih menarik dibanding tipe di bawahnya. Bannya sendiri menggunakan ukuran 175/65.R14. 

Beberapa sentuhan pendukung lain yang bisa ditemui di eksterior antara lain pilar B berbalut kelir hitam dan adanya side visor.

Mobil Bekas Murah 2019 Daihatsu Ayla 1.2 X Belakang

Interior

Masuk ke bagian dalam, Anda memang tidak akan menemukan sesuatu yang luar biasa pada sebuah Ayla, sebagai salah satu mobil bekas murah 2019. Kabinnya dibuat sederhana, namun diharapkan mampu memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen ketika berkendara.

Pusat infotainment masih berupa head unit single DIN. Namun tersedia beberapa fitur yang cukup membantu, seperti pemutaran CD, MP3, koneksi AUX, radio, dan koneksi USB. 

Anda bisa menikmati perjalanan dari jok yang berbalut material fabric. Material serupa yang juga bisa Anda temui di bagian dalam pintunya. Produsen berusaha membuat interiornya terlihat lebih mewah dengan sentuhan krom di beberapa bagian, mulai dari regulator AC, tuas persneling, dan tuas pembuka pintu.

Fitur di dalam kabinnya sendiri cukup sederhana. Terdapat MID (Multi Information Display) yang menampilkan sejumlah informasi berkendara. Buat yang ingin berkendara hemat bahan bakar, maka bisa terbantu dengan adanya Eco Indicator.

Dan untuk tipe ini sudah menggunakan Power Door Lock, Power Window, dan Air Ventilator.

Terlepas dari spesifikasi dari fitur-fitur yang dimiliki mobil ini, ada sejumlah hal yang menjadi catatan khusus. Dan hal itu balik lagi ke sektor eksterior. Di mana produsen membiarkan Ayla 1.2 X memiliki rumah fog lamp, namun tak melengkapi dengan lampunya seperti tipe-tipe lain. Padahal untuk tipe X yang menggunakan mesin 998 cc saja sudah memilikinya.

Meski demikian, Daihatsu Ayla 1.2. X tetap pantas dilirik bagi mereka yang menginginkan mobil bekas dengan harga terjangkau dari kategori city car. Di usia kendaraan yang masih relatif muda, ada beberapa keuntungan yang dirasakan calon pembeli. Selain kondisi kendaraan yang masih terjaga, konsumen pun tak perlu menunggu surat-surat kendaraan turun untuk dipakai beraktivitas.

>>> Temukan Daihatsu Ayla atau mobil sejenisnya di listing CAROLINE.id

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.