Mada Prastya class= Mada Prastya   •   6 bulan lalu

Mobil Termurah di Indonesia Daihatsu Ayla 1.0D MT, Pantas Dilirik?

Mobil Termurah di Indonesia Daihatsu Ayla 1.0 D MT
Mobil Termurah di Indonesia Daihatsu Ayla 1.0 D MT

Daihatsu terkenal selalu memberikan pilihan produk yang cukup luas bagi konsumennya. Tak terkecuali ketika menghadirkan New Daihatsu Ayla baru-baru ini. Dari sekian banyak model, Daihatsu tetap menawarkan Ayla tipe 1.0 D MT sebagai pilihan paling basic. Mobil ini mungkin dapat jadi pilihan bagi konsumen yang mencari mobil termurah di Indonesia untuk segmen kendaraan penumpang.

Jika melihat ke halaman resminya, Daihatsu Ayla 1.0 D MT dipasarkan dengan harga hanya Rp101.650.000. Untuk sebuah mobil baru tentunya angka tersebut sangat menggoda. Namun mungkin Anda sebagai calon konsumen bertanya-tanya, apa saja yang dimiliki mobil ini? 

Sebagai pilihan paling basic, penampilan Daihatsu Ayla 1.0 D MT terlihat sangat sederhana. Hal ini nampak semakin jelas dengan penggunaan pelek kaleng. Berbeda dengan dengan tipe setingkat di atasnya, yaitu 1.0 D+ MT yang sudah menggunakan pelek alloy.

Bukan hanya desain dan bahan, namun ukuran juga berbeda. Konsumen Ayla 1.0 D MT harus puas dengan ban berdiameter 13, sementara tipe di atasnya sudah menggunakan ukuran 14. Pada eksteriornya juga tak nampak adanya bodykit atau semacamnya. 

Dari namanya, mungkin Anda sudah bisa mengetahui bahwa mobil ini menggunakan mesin 1.000 cc. Mesin tersebut dilengkapi tiga silinder yang diposisikan segaris. Tenaga tertinggi ada di angka 65 ps @ 6.000 rpm dan torsi puncaknya 86 Kg.m @ 3.500 rpm. Terkait performanya, mobil termurah di Indonesia ini sama saja dengan tipe lain Ayla yang menggunakan mesin 1.000 cc.

Nah, fakta penting lainnya adalah produsen hanya memberikan pilihan transmisi manual untuk tipe paling basic ini. Tepatnya transmisi manual dengan 5 kecepatan. Jadi jangan harap bisa mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Hal yang sama juga dialami oleh tipe di atasnya, yaitu Ayla 1.0 D+.

Jadi mau tak mau konsumen harus pilih Ayla 1.0 X jika transmisi otomatis benar-benar menjadi kebutuhan. Namun untuk itu Anda harus merogoh kocek sekitar Rp30 juta lebih dalam.

Satu hal lagi yang perlu diketahui jika Anda hendak membelinya, Ayla tipe termurah ini juga belum dilengkapi power steering. Hal ini mungkin akan membuat Anda mengeluarkan energi lebih banyak ketika memutar lingkar kemudi.

Di luar semua hal itu, Ayla 1.0 D MT tercatat memiliki bobot yang paling ringan di antara tipe lain, yaitu hanya 770 kg. Sedikit banyak hal ini akan membuat power to weight ratio yang dimilikinya lebih baik dibanding tipe lain.

>>> Cari mobil bekas seharga Daihatsu Ayla baru di CAROLINE.id

Mada Prastya class=

Mada Prastya   •   administrator

Bepengalaman menulis untuk media otomotif cetak dan online sejak 2012. Kini punya tanggung jawab sebagai Editor CAROLINE.id yang merupakan portal jual beli mobil pilihan Anda.