Deni Ferlindungan class= Deni Ferlindungan   •   4 bulan lalu

Pantaskah Suzuki XL7 Dikategorikan Sebagai Medium SUV?

Suzuki XL7 (Deni)
Suzuki XL7 (Deni)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan medium SUV terbarunya untuk pasar Indonesia, Suzuki XL7. Saudara Suzuki Ertiga ini merupakan produk ke-4 Suzuki yang menggunakan basis Heartect yang diklaim pabrikan lebih baik ketika menghadapi benturan.

Suzuki Indonesia pun turut menegaskan bahwa Suzuki XL7, tidak serupa dengan SUV sekelas lainnya seperti Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Pasalnya Suzuki XL7 dikatakan masuk kedalam kategori medium SUV.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, parameter serta klasifikasi produk terbarunya itu cukup menarik. “Ada beberapa parameter, yang pertama adalah tinggi ground clearance-nya minimal itu 200 mm.”

“Jika berbicara desain, biasanya mobil yang bermain di segmen medium SUV mengadopsi robust design atau bold design, yang sebenarnya tak bisa dipatok secara pasti, karena berdasarkan penampilan saja,” ungkap Donny.

Faktor lainnya, tambah Donny, mobil yang dikategorikan masuk ke dalam segmen medium SUV harus bisa melewati 2 medan yaitu on road dan off road.

>>> Baca juga: Tipe Konsumen Suzuki XL7 Berbeda Dengan Ertiga

Medium SUV Suzuki XL7

“Off road ya medan yang relatif sulit dijangkau, mobil dengan ground clearance rendah, karena harus melewati permukaan bergelombang, sampai berkerikil, kalau on road ya jalan yang mudah dilewati, kira-kira terminologinya seperti itu,” jelas Donny.

Untuk diketahui, Suzuki XL7 dipersenjatai dengan mesin berkode K15B yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.462 cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 Ps pada 6.000 rpm, dan torsi sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm.

Ketika sempat merasakan sensasi berkendara bersama Suzuki XL7, dirasa performa yang ditawarkan cukup baik. Khususnya ketika di ajak melibas jalan perkotaan.

Secara dimensi, SUV terbaru Suzuki itu terbilang cukup kompak, yakni memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Jarak sumbu roda yang ditawarkan sepanjang 2.740 mm. SUV pabrikan berlogo ‘S’ itu memiliki ground clearance setinggi 200 mm.

Suzuki XL7 ditawarkan dalam tiga varian yaitu Alpha, Beta, dan Zeta yang masing-masing ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Bicara harga mobil ini terbilang cukup terjangkau yakni sebesar Rp230 juta hingga Rp267 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Banner Jual Mobil Caroline
Deni Ferlindungan class=

Deni Ferlindungan   •   author

Seorang jurnalis sejak tahun 2011, yang sangat menyukai seluk-beluk seputar otomotif. Awal karirnya dimulai dari sebuah media otomotif online, dan kini resmi bergabung sejak 2019 sebagai tim Creative Content, khususnya kanal Youtube CAROLINE.id