admin class= admin   •   2 minggu lalu

Pengertian Hydroplaning, Ancaman Keselamatan Saat Musim Hujan

Pengendara mobil perlu mengetahui pengertian hydroplaning demi keselamatan. (Foto: Shutterstock)
Pengendara mobil perlu mengetahui pengertian hydroplaning demi keselamatan. (Foto: Shutterstock)

Indonesia kini sedang memasuki musim hujan. Pada situasi demikian salah satu ancaman keselamatan bagi pengendara mobil ialah hydroplaning. Mengingat akibatnya cukup fatal, pengendara mobil rasanya perlu mengetahui pengertian hydroplaning beserta cara mengatasinya.

Apakah Anda baru mendengar istilah hydroplaning?

Umumnya, hydroplaning merupakan suatu kondisi yang terjadi pada ban mobil yang sulit untuk menapak terhadap permukaan jalan ketika mobil melintasi genangan air. Ada beberapa hal yang menyebabkan hydroplaning ini terjadi pada kendaraan roda empat. Hal ini terjadi pada mobil yang dikendarai dengan kecepatan tertentu yang membuat tekanan ban untuk menyentuh permukaan jalan menjadi berkurang.

>>> Baca juga: Cara Mengganti Ban Mobil Bagi Pemula, Lengkap dan Mudah

Kemungkinan lainnya yang terjadi adalah pada tingkat kekentalan air yang menggenangi jalan. Hal ini menyebabkan air yang menggenangi jalan tersebut membutuhkan waktu untuk mengalir hingga surut. Kejadian seperti ini menjadi peringatan bagi pengendara yang sedang melintas di jalan yang penuh genangan air.

Ketika ban tidak bisa menapak permukaan jalan, maka akan menjadi sulit ketika ingin mengendalikan setir dan mengerem. Apabila hal ini terjadi di jalan besar yang penuh dengan kendaraan, maka berpotensi terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan yang terjadi sejatinya bukan karena permukaan jalan, melainkan kontrol pengemudi saat berkendara. Pengemudi dapat mengurangi kecepatan kendaraannya agar dapat menguatkan tekanan ban terhadap air yang menggenang di permukaan jalan. Selain itu, bobot mobil pun ternyata dapat mengurangi tekanan ban terhadap air yang menggenangi permukaan jalan.

Lalu, permukaan jalan yang halus ternyata dapat memicu lamanya hydroplaning. Apalagi jika genangan air yang dimaksud memiliki tingkat kedalaman yang tinggi, maka hal ini pun dapat mengakibatkan ban mobil jauh menapak permukaan jalan. Tidak ada salahnya untuk selalu waspada setiap berkendara, termasuk ketika terjadi hujan deras yang bisa membuat penglihatan tidak jelas. 

Setelah mengetahui pengertian hydroplaning, apabila Anda mengalaminya hadapi dengan tenang, karena jika panik maka tidak menutup kemungkinan kalau Anda akan mengambil langkah yang bisa membahayakan diri sendiri saat berkendara, seperti melakukan rem mendadak atau membelokkan kendaraan secara tajam. Hati-hati bagi Anda yang selalu berkendara dan banyak menghabiskan banyak waktu di jalan!

Sumber: Detik.com & ABM Motorsport

Penulis: Anita Nur Fitriany

Banner Promo Romantis Caroline
admin class=

admin   •   administrator